Tak Hanya Foto Copy, Nagari Atar Miliki Potensi Luar Biasa

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting sudah terkenal dan sangat familiar dengan foto copy bahkan di nagari tersebut dibuatkan tugu mesin foto copy oleh perantau dan masyarakat setempat.

Tugu foto copy itu juga sebagai aktual dari masyarakat nagari Atar itu yang pada umumnya banyak yang membuka jasa foto copy dan tersebar di pulau Sumatera, Jawa dan daerah lain di Indonesia.

“Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting sangat terkenal dan familiar sekali dengan foto copy, namun tidak hanya itu Nagari Atar ternyata juga memiliki pesona alam yang indah seperi Talago Biru ini, telaga yang indah dikelilingi pepohonan dan hawa yang sejuk, sungguh pesona yang luar biasa, “ ucap Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH.

Hal itu dikatakan Wabup ketika menghadiri penyerahan beberapa unit sepeda, sepeda tandem dan mobil mainan dari Bumnag Nagari Atar ke Pokdarwis nagari tersebut, Rabu (26/01) di Talago Biru Jorong Taratak VIII Nagari Atar.

Dikatakan Wabup potensi alam Talago Biru Atar yang luar biasa itu bisa dikelola dengan baik, dimanfaatkan dan dinikmati bagi masyarakat setempat dan juga perantau maupun tamu-tamu yang berkunjung ke Tanah Datar.

“Dengan adanya sepeda ini pengunjung bisa berkeliling talago bersepeda santai dan juga arena bermain anak dengan mobil ini akan menambah khasanah objek wisata di Talago Buru Nagari Atar ini,”ucap Richi Aprian.

Wabup menambahkan dengan sudah adanya jalan lingkar di talago itu dan wahana sepeda dan sepeda tandem yang diserahkan bumnag kepada pokdarwis untuk mengelolanya maka ini akan dapat menambah pemasukan bagi bumnag Nagari Atar.
Namun Wabup minta kepada pemerintahan nagari untuk menjaga kebersihan dan keindahan, karena masih ditemukan adanya tumpukan sampah di jalan menuju talago karena itu akan mengurangi keindahan dan pengunjung akan enggan datang, dari itu Wabup harapkan hal tersebut menjadi perhatian.

Wabup sebut apa yang dilakukan Pemerintahan Nagari Atar saat ini sejalan dengan konsep pariwisata daerah yaitu ABGC Akademisi, Bisnisman, Govermen dan Community jadi semua elemen ini bersinergi akan dapat mendukung program daerah satu nagari satu event, sembari Wabup mengajak masyarakat untuk menyambut pengunjung yang datang dengan ramah.

Ditambahkan Wabup untuk memajukan pariwisata di Nagari Atar itu Wabup mengajak komunitas sepeda untuk menjajal sepeda di Nagari Atar.

Terkait invest Bumnag tentang pengadaan sepeda dan mobil mainan anak-anak itu Wabup berharap agar Pokdarwis dapat memeneg dengan baik sehingga cepat balik modal dan keuntungan yang didapat juga bagus.

Wali Nagari Atar Halyu Pardi mengatakan dalam upaya mendukung program Pemkab Tanah Datar Satu Nagari Satu Ivent, maka diupayakan membenahi Talago Biru dengan berbagai fasilitas sehingga nantinya dapat digelar ivent-ivent disini yang dapat mendatangkan pengunjung.

Pada kesempatan itu melalui OPD terkait Halyu minta agar pemda dapat membenahi sarana dan prasarana di Talago Biru sehingga semakin baik dan menarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung.

Dikatakan Halyu terkait anggaran sebesar Rp.38 juta lebih diinveskan pada fasilitas di Talago Biru itu, Ia minta agar Pokdarwis dapat memanfaatkan dengan baik sehingga dapat mendatangkan hasil bagi nagari dan juga masyarakat.

Sebelumnya Direktur Bumnag Tunas Akar Mandiri Nagari Atar Irwan Fiskardi mengatakan jika Bumnag ini sudah berdiri semenjak 2017 yang lalu dan saat ini sudah mendapatkan kucuran dana dari pemerintah nagari sebesar Rp70 juta, dan sudah dipergunakan sebesar Rp38 juta lebih ini untuk fasilitas pendukung objek wisata Talago Biru seperti membeli sepeda dan mobil mainan ini.

Turut hadir saat launching dan penyerahan sepeda dan mobil mainan itu, Sekretaris Dinas PMDPPKB Herison, Kabag Perekonomian Masni Yuletri, Camat Padang Ganting Ronald Satria, Kasi Pariwisata, Ketua DPP Iwatar Nusantara dan undangan lainnya.

Prokopim

Komentar