Gubernur Arinal Buka Raker Kesehatan 2023

Saburai507 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) = Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Lampung Tahun 2023 di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Senin (3/7/2023).

Bertema “Penguatan Implementasi Kebijakan Transformasi Sistem Kesehatan untuk Mengoptimalkan dan Mempercepat Pembangunan Kesehatan di Provinsi Lampung” kegiatan ini dilaksanakan tanggal 3-4 Juli 2023.

Dalam Rakerkesda tersebut, Gubernur mengajak para jajaran kesehatan dan stakeholder terkait lainnya di Provinsi Lampung untuk mengoptimalkan sinergi dalam meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan mewujudkan Lampung Sehat Berjaya.

Ia pun mendorong tiga upaya penting dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

Pertama, Arinal mendorong Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui upaya sosialisasi, fasilitasi, dan sinergi program berbasis komunitas.

Kemudian, memperkuat peranan Puskesmas dan memperbaiki kualitas layanan Puskesmas bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Dan mendorong peningkatan kualitas pelayanan Rumah Sakit. Karena sektor kesehatan merupakan salah satu prioritas utama dan unggulan dalam penyelenggaraan pembangunan di Provinsi Lampung,” ujar Arinal.

Ia juga meminta agar kebijakan transformasi sistem kesehatan diimplementasikan pada setiap jenjang pelayanan kesehatan, baik dari tingkat Puskesmas, Rumah Sakit, Kabupaten/Kota maupun tingkat Provinsi.

Dimana ada enam pilar penopang transformasi kesehatan yaitu Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan dan Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan.

Kemudian, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

Diskominfotik Lampung

Komentar