Jokowi Minta Pelaku TPPO Terkait Pengungsi Rohingya Ditindak Tegas

Nasional790 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap ada dugaan kuat tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terkait pengungsi Rohingya. Jokowi meminta pelaku ditindak tegas jika terbukti melakukan TPPO.

“Terdapat dugaan kuat ada keterlibatan jaringan tindak pidana perdagangan orang dalam arus pengungsian ini. Pemerintah Indonesia akan menindak tegas pelaku TPPO,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/12/2023).

Jokowi mengatakan bantuan sementara untuk pengungsi Rohingya akan mengutamakan kepentingan warga lokal. Pemerintah juga akan berkoordinasi dengan organisasi internasional mengenai pengungsi Rohingya di Aceh ini.

“Dan bantuan kemanusiaan sementara kepada pengungsi dengan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal. Pemerintah Indonesia akan terus berkoordinasi dengan organisasi internasional untuk menangani masalah ini,” tutur dia.

Pada kesempatan ini, Jokowi mengatakan pengungsi Rohingya yang masuk ke Aceh semakin banyak.

“Saya memperoleh laporan bahwa pengungsi Rohingya yang semakin banyak yang masuk ke wilayah Indonesia, terutama ke Provinsi Aceh,” jelasnya.

detik

Komentar