Prodi Fisika UIN RIL Menggelar Bimtek “Robotik” Untuk Mahasiswa

Kabar Kampus472 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Guna meningkatkan kemampun mengenai pengembangan media pembalajaran berbasis ROBOTIK, Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Bimbingan Tehnik (Bimtek) ROBOTIK yang berlangsung, di Lantai 3 LP2M UIN Raden Intan Lampung dari tanggal 20 hingga 22 mei 2024.

Acara Bimtek pelatihan tersebut menghadirkan narasumber, yakni Mona Arif Muda, M.T. Sebagai Ahli di bidang ROBOTIK sekaligus sebagai Ketua URO ( UNILA Robotika dan Otomasi ) dan Pelatihan ini diikuti sekitar 60 mahasiswa yang mendaftar dari seluruh angakatan Pendidikan Fisika.

Kegiatan yang mengusung tema “Bimtek ROBOTIK” menghadirkan narasumber dengan memaparkan Interaksi Manusia-Robot: Membuat robot yang aman dan mudah digunakan oleh manusia, Otonomi: Mengembangkan robot yang dapat membuat keputusan sendiri, Etika dan Hukum: Menyusun regulasi penggunaan robot dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, Prof. Hj Nirva Diana,M.Pd yang juga selaku Dekan FTK mengatakan Mahasiswa sebagai calon pendidik masa depan harus selalu meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan hal yang baru terutama dalam media pembelajaran.

Hal yang baru seperti sekarang robot mempermudah pekerjaan kita dan menjadikan kitabi sa jauh lebih berkembang yang didukung dengan Dosen-dosen Prodi Pendidikan Fisika yang berkompeten. Paparnya.

Hal senada disampaikan Sri Latifah,M.Sc selaku Kepala Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN RIL mengharapkan dengan Bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa/I Prodi Fisika dalam menciptakan hal yang baru dari aplikasi keilmuan, ucapnya.

Dia berharap, Mahasiswa/I dapat membuat produk Robotik sebagai tugas akhir mahasiswa yang kedepannya berupa produk dan artikel jurnal, katanya,

Hal ini memerlukan waktu, ketekunan dan proses ini harus didampingi Dosen-dosen Pendidikan Fisika yang berkompeten, paparnya.

Bimbingan Teknis Robotik bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta mengenai konsep dasar dan aplikasi praktis dalam bidang robotika.

“Melalui Bimtek ini, peserta akan dipersiapkan untuk mengembangkan keterampilan pemrograman dan pemeliharaan robot. ”

Tujuan utamanya adalah agar para peserta mampu memanfaatkan teknologi robotik untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan inovasi dalam berbagai sektor industri. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar robotika dan kemampuan mengoperasikan serta merawat robot.

Untuk itu eserta diharapkan dapat mengimplementasikan solusi yang lebih canggih dan efektif dalam proses produksi, penelitian, pengembangan produk, dan layanan.

Dengan demikian, bimtek ini menjadi landasan bagi peserta untuk berkontribusi pada kemajuan teknologi dan ekonomi melalui penerapan robotika di berbagai bidang.

Red

Komentar