Gubernur Arinal Tebar Benih Ikan dan Ramah Tamah dengan Tokoh Adat, Agama dan Masyarakat di Tubaba

Saburai417 Dilihat

Tulang Bawang Barat, (Metropolis.co.id) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tebar benih ikan (restocking) di aliran Sungai Way Kiri dan ramah tamah dengan tokoh adat, agama serta masyarakat Tiyuh Pagar Dewa, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Jum’at (31/5/2024).

Pada acara itu, Gubernur didampingi oleh Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan dan Pj. Bupati Tulang Bawang Barat M. Firsada.

Gubernur Arinal melakukan penebaran benih ikan sebanyak 215.000 benih dengan rincian 75.000 benih ikan jelabat, 100.000 benih ikan baung, 20.000 benih ikan nila, dan 20.000 benih ikan lele

Gubernur Arinal mengatakan bahwa kegiatan restocking ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung dalam menjaga kelestarian sumber daya alam di daerah perairan.

Menurutnya, kegiatan penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat dan Baung serta meningkatkan produksi tangkapan ikan skala kecil guna membantu kesejahteraan masyarakat nelayan sekitar.

Ia mengimbau masyarakat yang berada do sekitar aliran sungai untuk dapat menjaga ekosistem sungai dengan tidak melakukan penangkapan ikan menggunakan cara yang ilegal dengan menggunakan peralatan terlarang.

“Saya mengimbau masyarakat untuk tidak ada lagi yang menangkap ikan di sungai dengan cara yang dilarang seperti menggunakan setrum, pukat harimau, menuangkan racun ikan di aliran sungai, atau dengan cara yang dilarang lainya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Arinal juga berkesempatan untuk berbincang-bincang bersama para tokoh penyimbang adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Pagar Dewa yang hadir.

Selain restocking benih ikan, Gubernur juga mengatakan akan melakukan perbaikan Infrastruktur jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Saya sudah diskusi tadi dengan Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung, ada 7 Km jalan yang akan diperbaiki dan 3 Km yang akan dilakukan pelebaran, jadi total 10 Km, tapi tidak bisa tahun ini, insya Alah tahun depan akan langsung kita bangun,” pungkasnya.

Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa sebagi Putra daerah asal Pagar dewa merasa sangat bangga atas kunjungan dari Gunernur Arinal di Tiyuh Pagar Dewa.

Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan suatu bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung dan Gubernur Arinal kepada masyarakat disana.

“Untuk itu, Saya sebagai putra asli Pagar Dewa mewakili masyarakat Pagar Dewa mengharapkan perhatian dari Pemerintah baik dari pemerintah Provinsi Lampung maupun Pemerintah Kabupten Tulang Bawang Barat untuk melihat Tiyuh Pagar Dewa sehingga dapat lebih maju kedepanya,” ujarnya.

Sementara itu, Tokoh Penyimbang Adat Hermani SP Gelar Menak Bangsawan Diraja mengatakan bahwa selama puluhan tahun belum pernah ada kepala daerah yang berkunjung di Desa Pagar Dewa.

Atas nama masyarakat Pagar Dewa Hermani mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Arinal karena telah menyempatkan dirinya untuk hadir di tengah-tangah masyarakat Tiyuh Pagar Dewa.

“Seingat saya Pak Gubernur, sudah puluhan tahun, belum pernah ada kepala daerah yang datang ke Pagar Dewa, baru pak Gubernur, apalagi pak Gubernur berasal dari Way Kanan, yang tentunya masih memiliki pertalian adat dan keturunan dengan masyarakat Pagar Dewa, oleh karenanya kami sangat senang dengan kehadiran pak gubernur disini,” ungkapnya.

Adpim

Komentar