Kepala Otorita Mendadak Mundur Jelang Upacara 17 Agustus di IKN

Nasional1054 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Kepala Otorita Bunda Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono bersama Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe sudah mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri ini dicoba menjelang Upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

Dalam catatan detikcom, pada Februari 2024, Bambang Susantono sempat membenarkan sasaran penyelenggaraan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 di IKN tahun ini dapat terwujud. Karena bermacam persiapan sudah dicoba semenjak pembangunan IKN berlangsung, serta masih terus berproses.

Baginya pada 17 Agustus 2024 nanti beberapa Aparatur Sipil Negeri (PNS/PPPK) sampai TNI-Polri, serta pihak swasta telah menempati IKN. Dia meyakinkan pada dikala itu IKN telah dilengkapi bermacam sarana semacam hotel, restoran, serta tempat kuliner yang lain

“Jadi jika terdapat orang, dapat tidak sih? Insyaallah dapat insyaallah kita upacara di situ Insyaallah sebagian ASN, Polri, pula telah pindah plus yang swasta pula Sebab di situ pula hendak terdapat restoran, hendak terdapat hotel, hendak terdapat yang jual pecel lele, bakso, jual kopi-kopi Indonesia, serta seterusnya,” katanya dalam Seminar Masa Depan Pasca IKN ditayangkan YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (17/2/2024) kemarin.

Pada peluang itu, Bambang pula telah menarangkan kalau pembangunan IKN tidak menyudahi hingga di sana melainkan dilanjut sampai 2045. Dia menarangkan perihal ini butuh proses serta tidak dapat pendek

Dari sisi pembangunan, di IKN hendak terdapat 4 kantor Departemen Koordinator, yang mana masing-masing Departemen mempunyai 4 menara Kantor Bank Indonesia yang lagi dibentuk pula hendak berdiri di IKN. Setelah itu terdapat bermacam sarana semacam rumah sakit, mall, sampai tempat hangout.

“Kita mau terdapat ekosistem yang memperlihatkan kalau inilah sesi dini dari satu kota yang nantinya hendak terdapat 4 fitur, green, tidak terdapat kendaraan yang tidak green masuk ke kota ini. Seluruh yang masuk cuma green. Kedua kota ini merupakan kota pintar benar-benar gunakan teknologi digital,” sebutnya.

“Ketiga kota ini hendak inklusif, bukan cuma kota orang kaya, kalangan tertentu. Keempat resilience, tangguh. Jika nanti, mudah-mudahan tidak hendak terjalin problem semacam kemarin, itu terdapat sarana yang lengkap, kesehatan, jaminan kesehatan sosial serta sebagainya,” tutup Bambang.

Di sisi lain, pada dini Mei 2024 kemudian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pula pernah berkata progres pembanguan lapangan buat upacara 17 Agustus 2024 telah menggapai 90%. Kala itu Departemen serta OIKN tengah fokus melaksanakan penyusunan rumput lapangan sampai pemasangan tiang bendera.

“Lapangan upacara aku kira 90% telah siap. Rumput-rumputnya telah kita siapkan seluruh tiang bendera hendak dipasang,” ucap Basuki di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur, Senin (6/5/2024).

Basuki berkata kalau lapangan yang terletak di depan Istana Presiden mempunyai kapasitas 8.000 orang. Mutu rumput di lapangan itu terkategori spesial sebab memakai rumput berjenis Zoysia Matrella (ZM) ataupun rumput manila. Walhasil, rumput itu empuk dikala digunakan.

Di luar itu, sampai akhir Mei 2024 proses pembangunan kantor serta istana presiden di Bunda Kota Nusantara (IKN) dilaporkan telah menggapai rata-rata angka 80%. Progres kedua proyek tersebut juga berjalan cocok tenggat waktu yang didetetapkan

detik

Komentar