Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Nanang: Rawat Anugerah Pancasila

Lampung Selatan122 Dilihat

Kalianda, (Metropolis.co.id) – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 tingkaat Kabupaten Lampung Selatan dipusatkan di Lapangan Korpri, Kalianda, Senin, 3 Juni 2024.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bertindak sebagai inspektur upacara. Nanang Ermanto hadir mengenakan setelan jas hitam, pecih hitam, dipadukan dengan dasi merah.

Sementara, bertindak sebagai komandan upacara adalah Ipda Edi Setiawan yang merupakan Kanit Regident Satlantas Polres Lampung Selatan. Upacara yang diikuti satuan TNI-Polri, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer Lampung Selatan berlangsung khidmat.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lampung Selatan Agus Sutanto didapuk sebagai pembaca UUD 1945, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan, H. Ashari sebagai pembaca doa.

Dalam upacara turut dihadiri anggota Forkopimda Lampung Selatan, seperti Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin, dan Kajari Lampung Selatan Afni Carolina. Hadir juga Sekretaris Daerah Thamrin beserta para pejabat utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Melalui momentum peringatan Hari Lahir Pancasila, Nanang mengajak seluruh komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Karena kata Nanang, Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah. Sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Oleh karenanya, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” kata Nanang Ermanto menyampaikan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Pada kesempatan itu, Nanang juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila. Dengan cara bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Jadikan peringatan Hari Lahir Pancasila ini untuk memompa semangat kita semua dalam mengamalkan Pancasila. Demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” kata Nanang Ermanto diahkir sambutannya.

Diskominfo Lamsel

Komentar