Bupati Lampung Selatan Audiensi Bersama Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Lampung Selatan148 Dilihat

Kalianda, (Metropolis.co.id) – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melakukan audiensi bersama Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung, Nani Yuliana Kartika Nasution, di ruang kerja bupati setempat, Selasa (4/6/2024).

Hadir mendampingi, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, Inspektur Kabupaten, Anton Carmana serta para Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Lampung Selatan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Nani Yuliana Kartika Nasution pada kesempatan itu menyampaikan beberapa hal mengenai program pemerintah pusat. Dimana, hal tersebut dapat membantu program yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

“Sesuai undang-undang seluruh kepala daerah itu harus diwajibkan untuk menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Agar apa yang menjadi target bupati bisa menjadi tercover. Itu salah satu pendekatan yang kami lakukan,” kata Nani Yuliana.

Nani Yuliana menjelaskan, dari 16 pemerintah daerah di Provinsi Lampung, Lampung Selatan menjadi salah satu pemerintahan yang akan dilakukan pendampingan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Lampung.

“Kami melakukan pendampingan, salah satunya adalah Lampung Selatan. Karena Lampung Selatan dengan melihat dari kinerja selama ini sepertinya bisa dapat kami dampingi untuk bisa mencapai manajemen risiko indeks level 3 karena kategori baik itu di level 3,” ujar Nani Yuliana.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucapkan terima kasih kepada tim perwakilan BPKP Provinsi Lampung yang telah bersedia melakukan pendampingan.

Nanang mengatakan, hal tersebut sangat bermanfaat untuk memacu dan mengevaluasi apa yang telah Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan lakukan selama ini.

“Tidak hanya fokus di insfratrukturnya, tetapi bagaimana pertumbuhan ekonomi kita juga sejahtera. Banyak program yang kami jalankan, diantaranya seperti program swasembada gizi, swasembada sekolah dan swasembada rumahku untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem,” ujar Nanang.

Nanang menyatakan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sangat membutuhkan pendampingan dari BPKP Provinsi Lampung, agar Lampung Selatan dapat meningkat menjadi level 3.

“Nanti hasil dari pertemuan ini kami lakukan evaluasi, apa yang bisa kami kerjakan kami kerjakan. Kami butuh pendampingan ini untuk meningkatkan level 2 menjadi 3 atau 4,” kata Nanang.

Diskominfo Lamsel

Komentar