Tingkatkan Kemampuan dan Kapasitas Guru, Pemkab Limapuluh Kota Gandeng UIN MY Batusangkar

Kabar Kampus595 Dilihat

Limapuluh Kota, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat bersinergi dalam kegiatan rencana implementasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) bersama Universitas Islam Negeri Islam (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar dalam meningkatkan kemampuan kapasitas para guru.

Dalam meningkatkan kemampuan guru, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo Tandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dangan Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. Serta Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Tekan Perjanjian kerja Sama (PSK) Dengan Dinas Pendidikan dan Kebuyaan Limapuluh Kota. (29/05/24)

“Ini tak lain adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memilih dan menguasai bahan ajar, merencanakan, mengembangkan, dan mengaktualisasikan proses pembelajaran yang produktif melalui PPG”

Perjanjian tersebut tak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan guru di Kabupaten Limapuluh Kota, melalui kolaborasi antara lembaga pendidikan dan pemerintah daerah. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan proses pembelajaran di sekolah-sekolah dapat lebih terarah dan berkualitas serta memberikan pemahaman berbasis Islam Moderat, “sebut Bupati Limapuluh Kota.

Bupati menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung dan melaksanakan program-program pendidikan yang telah disepakati dalam perjanjian tersebut. Ia menekankan bahwa pendidikan merupakan investasi masa depan yang harus diperhatikan secara serius oleh semua pihak terkait.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengapresiasi penandatanganan perjanjian ini. Beliau menyatakan dukungan penuh dari pihak universitas dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan para guru di Kabupaten Limapuluh Kota.

Lebih lanjut Prof. Marjoni, menambahkan iya berharap kerjasama ini bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi guru dalam menghadapi para siswanya, setelah para guru menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.
Ini adalah ikhtiar kita dengan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam menciptakan guru yang berkualitas. Maka partisipasi banyak pihak sangat dinantikan dan dapat meningkatkan akses dan profesionalitas guru ke depan, “imbuhnya.

Senada dengan Dekan FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Suswati Hendriani, M.Pd mengatakan bahwa Perjanjian ini menandai komitmen bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota dan UIN Mahmud Yunus Batusangkar dalam meningkatkan kualitas pendidikan guru di daerah tersebut.

“Melalui kerjasama ini, diharapkan para guru yang berada di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota dapat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan dengan lebih baik dan efektif,” katanya.

Prof. Dr. Suswati berharap kualitas pendidikan guru di Kabupaten Limapuluh Kota dapat terus meningkat, sehingga mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik dan berdampak positif bagi perkembangan pendidikan di daerah tersebut.

Humas UIN-MYB

Komentar