Mahasiswa UIN MY Batusangkar Ikuti Pendidikan Kader Pemuda Bela Negara

Kabar Kampus64 Dilihat

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Pendidikan Kader Pemuda Bela Negara (PKPBN) merupakan program jempolan hasil kolaborasi dua kementerian yaitu Kemenpora RI & Kemenhan RI yang menghimpun 97 Pemuda dari dari Sabang sampai Merauke.

Dari 97 Pemuda se-Indonesia, termasuk salah satunya Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar yang mewakili Sumatera Barat yakni Rindi Ramadhani, kegiatan ini untuk dilatih, mendidik, serta diajarkan pemahaman tentang Bela Negara selama 30 Hari (12 Mei – 12 Juni).

Rindi Ramadhani, sebelum dinyatakan lulus sebagi peserta ia harus bersaing dengan 3000 an pendaftar yang berusia 19-23 tahun, Rindi yang juga mahasiswa aktif Program Studi Pemikiran Politik Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) semester 8 harus melalui serangkain tes.

Untuk mengikuti ini, para pemuda yang berusia 19-23 tahun harus melalui dua gelombang tes, yaitu: Tes Administrasi yang diikuti 3000 peserta, lalu Tes Computer Assisted System (CAT) untuk menguji Intelegensi pemuda mengenai Bela Negara yang diikuti sekitar 700 an pemuda, hingga akhir hanya 97 pemuda terbaik yang mengikuti kegaitan ini.

Rindi Ramadhani adalah mahasiswa aktif Program Studi Pemikiran Politik Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) semester 8, Rindi juga merupakan mahasiswa yang sangat aktif dalam kegiatan kampus, mulai dari akademik, organisasi, praktek, dan volunteer baik diluar dan didalam kampus.

Pria asal Kabupaten Tanah Datar memaparkan, Kagiatan ini terbagi ke dalam 3 program spesifik, yaitu: Pelatihan Materi Kepemudaan & Bela Negara, Pelatihan Fisik & Pendalaman Materi Bela Negara dan Materi mendalam bela negara seperti Kondisi Geopolitik Dunia dan Korelasinya terhadap Pertahanan di Indonesia.

Selain mengikuti 3 program spesifik, Rindi Ramadhani juga mengikuti kegiatan Bakti Pemuda Nusantara (Bapen 2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dampak kepada masyarakat melalui pengabdian yang dilaksanakan selama 20 Hari (22 Mei – 10 Juni 2024) di Kec. Sobang Kab. Lebak Prov. Banten, “ucapnya

Lebih lanjut Rindi mengatakan, dalam mengikuti kegiatan adalah untuk memperkuat disiplin diri, keterampilan kepemimpinan, fisik, dan mental. Selain itu, ingin memahami lebih mendalam tentang sejarah, ideologi, sistem pertahanan negara, persiapan karir di militer, kepercayaan diri,” ujar Rindi.

Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar di tempat terpisah menyampaikan selamat kepada Rindi Ramadhani atas capaian prestasi ini, saya kagum dengan apa yang telah di persembahkan Rindi buat UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Semoga prestasi demi prestasi yang telah dipersembahkan rindi menjadi motivasi bagi mahasiswa UIN MY Batusangkar lainnya, kita juga terus mendorong agar mahasiswa terus berprestasi dan berkarya mengembangkan talenta yang dimilikinya, semoga kelak nanti menjadi sarjana yang unggul dan berdaya saing, “tutup prof Marjoni.

Senada dengan Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir, M.Pd. Prestasi membanggakan ini merupakan cita-cita kampus unggul dan kompetitif di tingkat nasional, ini sebuah kebanggaan tersendiri buat UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

“Teruslah berproses dan kembangkan potensi yang ada, karena tantangan masa depan selalu mengalami perubahan dan menuntut manusia menjadi pribadi yang adaptif serta memiliki skill suatu bidang”.

Berbuat dengan bersungguh-sungguh maka hasil yang maksimal akan diraih. Melalui prestasi ini tentu akan terasah kemampuan sorang mahasiswa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya, tutup munir.

Humas UIN-MYB

Komentar