Wujudkan Kampus Hijau Berkelanjutan, UIN RIL Gelar Pelatihan Pembuatan Kompos

Kabar Kampus855 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), melalui Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL), menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Kompos untuk Tenaga Kebersihan di Halaman Foodcourt kampus, Sabtu (13/7/2024).

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor II UIN Raden Intan Lampung, Dr Safari Daud MSosI.

Dalam sambutannya, Dr Safari menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi bumi yang kian mengalami kegersangan. Ia menekankan bahwa penting untuk menjaga bumi kembali ke alam dan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Salah satu upaya yang dilakukan UIN Raden Intan Lampung dalam mewujudkan kampus hijau dan berkelanjutan adalah dengan menyelenggarakan pelatihan pembuatan kompos ini.

Pupuk kompos yang dihasilkan dari sampah organik dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman di lingkungan kampus, sehingga membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia yang dapat mencemari lingkungan.

“Membuat kompos merupakan salah satu cara sederhana untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan. Pupuk kompos yang dihasilkan dari sampah organik dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman dan mengurangi penggunaan pupuk kimia,” ujar Dr Safari Daud.

Ia menambahkan, “UIN Raden Intan Lampung berkomitmen untuk menjadi kampus hijau dan berkelanjutan. Kami terus berupaya untuk melakukan berbagai kegiatan yang ramah lingkungan, seperti pengolahan sampah, penanaman pohon, dan penggunaan energi terbarukan.”

Dr Safari menuturkan hal tersebut merupakan sebuah investasi dalam terus mempertahankan UIN Raden Intan Lampung sebagai kampus hijau berprestasi. Berdasarkan UI Green Metric, UIN Raden Intan Lampung berada posisi pertama se-PTKIN, dan berada pada peringkat 71 dunia.

Pelatihan pembuatan kompos ini diikuti oleh puluhan tenaga kebersihan UIN Raden Intan Lampung. Narasumber dalam pelatihan ini adalah Ketua TPST Unila, Dr Ofik Taufik Purwadi MT beserta tim. Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan ilmu dan pengetahuan kepada para peserta tentang cara pembuatan kompos yang baik dan benar, sehingga dapat diterapkan di lingkungan UIN.

Humas UIN-RIL

Komentar