BMKG Ungkap Wilayah RI yang Alami Fenomena ‘Bediding’

Nasional1024 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Temperatur dingin yang terjalin di beberapa daerah Indonesia pada sebagian waktu terakhir jadi sorotan warga Beberapa netizen mengunggah temperatur di daerahnya yang dialami sangat dingin dari hari-hari umumnya Tidak cuma di pagi hari, temperatur dingin pula masih dialami di beberapa wilayah pada malam hari.

Deputi Bidang Meteorologi Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) Guswanto berkata temperatur dingin pada masa kemarau ataupun diucap fenomena ‘Bididing’. diakibatkan terdapatnya Angin Monsun Australia.

Angin Monsun Australia bertiup dari Australia mengarah daratan Asia melewati daerah Indonesia serta perairan Samudera Hindia yang pula mempunyai temperatur permukaan laut relatif rendah ataupun dingin.

Angin Monsun Australia dikenal bertabiat kering serta sedikit bawa uap air, sehingga mempengaruhi masa kemarau di Indonesia.

“Apalagi pada malam hari, di dikala temperatur menggapai titik minimumnya,” ucap Guswanto dikala dihubungi detikcom, Selasa (16/7/2024).

Daerah RI yang Dilanda Temperatur Dingin

Guswanto menarangkan fenomena temperatur dingin hendak terus terjalin menjelang puncak masa kemarau di bulan Juli-Agustus 2024. Apalagi mungkin bakal terjalin hingga September.

Temperatur dingin yang terjalin belum lama ini terjalin di daerah bagian selatan khatulistiwa, semacam Pulau Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Keadaan temperatur lebih dingin pula tidak berkaitan dengan clear sky ataupun keadaan langit tanpa awan. Dikala ini, keadaan di daerah Indonesia berbentuk angin yang tenang di malam hari membatasi pencampuran hawa sehingga hawa dingin terperangkap di permukaan bumi.

Apalagi wilayah dataran besar ataupun pegunungan cenderung lebih dingin sebab tekanan hawa serta kelembaban yang lebih rendah. Keadaan dingin ini ialah fenomena universal yang terjalin di Indonesia dikala masa kemarau.

“Diketahui Mbedhidhing dari informasi temperatur malam hari yang terjalin bulan Juli-Agustus, dibanding wajarnya Dingin itu kan terdapat ukurannya. Misalkan temperatur wajarnya di malam hari bersuhu 21-23 derajat Celsius, pada bulan Juli-Agustus dapat 17-19 derajat Celsius,” cerah Guswanto.

detik

Komentar