Empat Fokus Pengembangan UIN Raden Intan dalam Penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2025

Kabar Kampus648 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) mengadakan Sosialisasi Penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2025 dengan menitikberatkan pada empat fokus pengembangan di Ruang Teater Lt.2, Senin (15/07/2024).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Bidang II yaitu Wakil Rektor II beserta Tim Perencanaan Keuangan UIN Raden Intan Lampung bekerjasama dengan Satuan Pengawas Internal (SPI).

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD dalam sambutannya mengajak untuk serius, fokus dalam menyusun program dan anggaran tahun 2025 dengan baik serta berkomitmen penuh untuk mewujudkan target indikator kinerja yang diberikan kepada setiap unit kerja.

Ia menyampaikan hal penting terkait arah pengembangan UIN Raden Intan Lampung di tahun 2025. “Fokus utama pengembangan kita tahun ini meliputi empat aspek, yaitu internasionalisasi, digitalisasi, kemandirian kampus, dan lingkungan atau green campus,” ujarnya.

Dalam aspek internasionalisasi, kata Rektor, seluruh program harus berkoordinasi dengan unit International Office UIN Raden Intan Lampung.

“Ini untuk memastikan bahwa setiap langkah yang kita ambil selaras dengan standar internasional dan memenuhi capaian KPI Kemenkeu, Akreditasi dan Kemenag. Seperti, penelitian kolaborasi internasional, peningkatan mahasiswa asing, kerjasama internasional yang ditindaklanjuti, kegiatan tri dharma di kampus lain, prestasi nasional dan internasional, penyelenggaraan international class program, akreditasi internasional dan seterusnya,” terang Rektor.

Kemudian pada aspek digitalisasi, agar meningkatkan infrastruktur teknologi informasi guna mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan administrasi yang lebih efektif dan efisien.

Sedangkan dalam hal kemandirian kampus, Rektor menyampaikan akan mendorong berbagai inisiatif yang memungkinkan UIN Raden Intan Lampung menjadi lebih mandiri, baik dari segi keuangan maupun pengelolaan sumber daya. Ini termasuk pengembangan usaha-usaha yang bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi kampus, ujarnya.

Sementara itu, aspek lingkungan atau green campus menjadi prioritas UIN Raden Intan Lampung sebagai kampus hijau untuk menciptakan lingkungan kampus yang ramah lingkungan, sehat, dan berkelanjutan.�

“Kami akan mendorong program-program yang mendukung pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan THE Impact Ranking serta peningkatan skor sertifikasi UI Green Metric,” kata Rektor.

Wakil Rektor Bidang II Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr Safari SAg MSosI mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar tersusun program dan kegiatan yang akuntabel, efektif dan efisien di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Kemudian, target-target kinerja tahunan menuju tercapainya visi misi UIN Raden Intan Lampung dengan meningkatkan pemahaman tentang mekanisme pengusulan, penyusunan, penetapan, dan pengendalian kegiatan dan anggaran.

Acara ini dihadiri para Wakil Rektor, para Dekan dan Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Kepala SPI, Kepala Unit, Kepala Pusat, Kabag/Koordinator, Kasubbag/Subkoordinator, serta perwakilan dari seluruh unit kerja di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Materi sosialisasi kebijakan penyusunan program dan anggaran tahun 2025 disampaikan oleh Wakil Rektor II. Kemudian dilanjutkan dengan paparan materi tentang automasi akreditasi dan cara mempertahankan akreditasi unggul bagi prodi oleh Ketua LPM. Serta penyampaian informasi tentang tata cara dan mekanisme penyusunan kegiatan dan anggaran tahun 2025 oleh tim perencanaan.

Humas UIN-RIL

Komentar