International Entrepreneurship Competition: Talent App Developer 2024 Resmi Dibuka

Kabar Kampus242 Dilihat

Bandarlampung, (Metropolis.co.id) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, resmi membuka International Entrepreneurship Competition: Talent App Developer 2024 di Ballroom, Senin (05/08/2024).

Kompetisi internasional ini bertujuan mengembangkan talenta terbaik di bidang pengembangan aplikasi, serta mendorong inovasi dan kewirausahaan di tingkat global.

Dalam sambutannya, Prof Wan Jamaluddin menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam menghadapi tantangan di era digital. “Event ini adalah salah satu manifestasi dari tiga program utama kami: Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Kemandirian. Saya yakin kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa dan alumni UIN Raden Intan Lampung serta peserta dari berbagai negara,” ujarnya.

UIN Raden Intan telah melakukan langkah-langkah dalam menjawab perubahan perkembangan dunia dalam hal inovasi dan teknologi, ungkap Rektor, hal tersebut untuk berkontribusi dalam pengembangan lapangan pekerjaan, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan keterserapan kerja lulusan.

Rektor menyambut baik dan mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak, termasuk Synthesis Academy serta Ms Veronika Andrews MBA sebagai Project Manager Boeing Commercial Airplane dari Seattle, Amerika Serikat, yang turut hadir sebagai pembicara. “Dukungan dari Ms Veronika Andrews menunjukkan langkah-langkah konkret kami dalam menjalin kerja sama internasional, yang tidak hanya menguntungkan UIN Raden Intan Lampung tetapi juga perguruan tinggi lain yang terlibat dalam event ini,” tambah Prof Wan Jamaluddin.

Prof Wan Jamaluddin berharap acara ini dapat menjadi platform untuk melahirkan talenta-talenta baru di bidang teknologi digital yang siap bersaing di tingkat global. “Saya mengucapkan selamat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kepada para peserta. Semoga apa yang kalian capai dalam kompetisi ini dapat menjadi penentu keberhasilan di masa mendatang,” tutupnya.

Dr Tin Amalia Fitri MSi, Kepala UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karier UIN Raden Intan Lampung, menjelaskan bahwa kompetisi ini diikuti oleh peserta dari berbagai universitas, baik dalam negeri maupun luar negeri. “Peserta datang dari, UIN Raden Intan Lampung, UNJ, UIN Jakarta, Itera, Unila, Polinela, IAIN Metro, IAIN Ponorogo, serta tiga universitas dari Malaysia, Filipina, dan Thailand. Selain itu, mahasiswa dari Jepang dan Taiwan juga ikut berpartisipasi secara live streaming,” jelasnya.

Menurut Dr Tin, acara ini dirancang dalam bentuk inkubasi dan kompetisi selama dua minggu, dengan berbagai sesi pengayaan keterampilan untuk pengembangan aplikasi mobile. “Peserta akan dikelompokkan dalam lima bidang utama: AR/VR, UI/UX, Mobile Apps, Web App Developer, dan Database/Back-end. Mereka akan bersaing untuk menghasilkan aplikasi terbaik yang sesuai dengan tren industri saat ini,” ujarnya.

Dr Tin Amalia Fitri juga menyampaikan harapannya agar UIN Raden Intan Lampung menjadi carrier hub bagi industri digital di masa depan. “Kami berupaya melahirkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan tren industri. Melalui event ini, kami berharap UIN Raden Intan Lampung dapat menjadi carrier hub bagi platform-platform industri lainnya,” pungkasnya.

Dr Yudha Budi MM, Founder Synthesis Academy, juga memberikan sambutan dan dukungannya terhadap kompetisi ini. “Talent App Developer ini menjadi penting sekaligus strategis, terutama dalam menjawab kebutuhan industri digital saat ini. Kami berharap melalui kompetisi ini, akan melahirkan pengembang-pengembang aplikasi yang tangguh dan siap bersaing di kancah internasional,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, “Dengan adanya kerjasama antara UIN Raden Intan Lampung dan Synthesis Academy, menunjukkan bahwa kami berkomitmen memberikan pembaruan kompetensi kepada para peserta. Kompetisi ini bukan hanya tentang memenangkan penghargaan, tetapi juga membekali peserta dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.”

Acara pembukaan International Entrepreneurship Competition 2024 ini juga dihadiri oleh sejumlah jajaran pimpinan UIN RIL, perwakilan pejabat dari perguruan tinggi di Lampung, serta dosen, dan para peserta.

Pembukaan dimeriahkan dengan penampilan tari sigeh pengunten, pencak silat, gamolan Lampung, dan Solo song.

Rangkaian acara International Entrepreneurship Competition: Talent App Developer 2024 akan berlangsung hingga 20 Agustus, dengan puncak acara pengumuman pemenang yang akan mendapatkan pembiayaan pengembangan dan fasilitas mentoring penguatan bisnis. Mulai pada 5-9 Agustus, para peserta akan menjalani bootcamp di gedung ICT UIN RIL.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, UIN Raden Intan Lampung terus berkomitmen untuk mencetak generasi yang siap menghadapi tantangan di era digital.

Humas UIN-RIL

Komentar