Monev KKN di Merak Belantung, UIN RIL Lakukan Upaya Pencegahan Stunting

Kabar Kampus1395 Dilihat

Lampung Selatan, (Metropolis.co.id) – Jajaran pimpinan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) yang dipimpin oleh Wakil Rektor I, Prof Dr H Alamsyah MAg melakukan kunjungan ke Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kamis (08/08/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa program KKN berjalan sesuai dengan tujuan, khususnya dalam mendukung kesehatan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi lokal.

Tim monev terdiri dari Wakil Rektor I, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Prof Syafrimen MEd PhD, Dekan dan Wakil Dekan II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Adab, Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Kepala UPT Perpustakaan, serta perwakilan DPL, beserta tim.

Pada kesempatan tersebut, tim monev membagikan susu kepada anak-anak di RA-Azzifa sesampainya di lokasi terdekat monev. Wakil Rektor beserta jajaran pun membagikan secara simbolis susu kotak kepada koordinator masing-masing desa di wilayah sekitar Kecamatan Kalianda.

Dalam sambutannya, Prof Syafrimen menegaskan pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk dukungan UIN Raden Intan Lampung dalam pencegahan stunting. Pembagian susu ini merupakan salah satu upaya nyata mahasiswa KKN dalam mencegah stunting, dengan harapan dapat membantu membentuk Generasi Emas Indonesia 2045.

Selain fokus pada kesehatan, tim monev juga meninjau kegiatan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masyarakat setempat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Sebanyak 10 UMKM di Merak Belantung mendapat pendampingan dari mahasiswa KKN, terutama dalam proses sertifikasi halal, digitalisasi, dan desain kemasan.

Wakil Rektor I, Prof Alamsyah, menyampaikan, dukungan terhadap UMKM ini merupakan bagian dari komitmen UIN Raden Intan dalam mendorong perekonomian masyarakat lokal.

“Kami sangat bangga dengan semangat dan kontribusi mahasiswa KKN. Mereka tidak hanya belajar di kampus, tetapi juga menerapkan ilmu mereka langsung di tengah masyarakat, terutama dalam mendorong UMKM untuk pertumbuhan ekonomi desa,” kata Prof Alamsyah.

Prof Alamsyah juga berpesan kepada para mahasiswa untuk terus berpartisipasi dalam memajukan kehidupan sosial, kesehatan, lingkungan, ekonomi dan lainnya.

Hadir dalam monev tersebut, Camat Kalianda Erman Suheri SE yang diwakili Sekretaris Camat Muhammad Nur SE. Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kontribusi mahasiswa KKN. Mereka berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, mengingat dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu Rafi Kurniawan, Koordinator Kecamatan (Korcam) KKN Kalianda, menambahkan, kegiatan monev ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga untuk terus meningkatkan kualitas pengabdian mahasiswa di desa-desa. Ia juga berharap ilmu yang telah diterapkan oleh mahasiswa KKN dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Humas UIN-RIL

Komentar