Klinik Telkomedika Lampung Sosialisasi Kewajiban Vaksin Meningitis bagi Jamaah Umroh

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Kegiatan Sosialisasi “Kewajiban Vaksin Meningitis Bagi Jama’ah Umroh” yang diselenggarakan oleh Klinik Pratama TelkoMedika Health Center Lampung berjalan dengan sangat baik, Selasa (13/08/24).

Kegiatan ini juga diisi dengan materi-materi yang informatif dari narasumber yang berperan penting dalam bidang ini, terdiri dari empat narasumber yakni

  1. Bpk. Sulistyono, SKM, M.Kes (Kepala BKK Kelas 1 Panjang),
  2. dr. Johansyah (Katimja 4 BKK Kelas 1 Panjang),
  3. Bpk. Akhor Wiwit Sudiono, S.Ag, MM (Analis Kebijakan Kementerian Agama Provinsi Lampung), dan
  4. dr. Arti Febriyani Hutasuhut (Kepala Unit Bisnis Klinik TelkoMedika Health Center Lampung).

Peserta yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi “Kewajiban Vaksin Meningitis Bagi Jama’ah Umroh” ini merupakan perwakilan dari berbagai pelaku usaha Tour Travel Haji & Umroh serta KBIH.

Peserta yang hadir sangat antusias bahkan hingga memberi pertanyaan seputar Pentingnya Vaksin Meningitis bagi jama’ah atau masyarakat yang akan melaksanalan Ibadah Umroh.

Direktur TelkoMedika Health Center yakni dr. Monica Morratha Sihombing, MM, AIFO-K juga menjelaskan dalam Welcoming Speech, bahwa “Vaksin Meningitis sangat menjadi perhatian bagi setiap jama’ah yang akan melakukan Ibadah Umroh.

“Agar terhindar dari bahaya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah Meningitis atau Radang Selaput Otak,” kata dr. Monica Morratha Sihombing.

Salah satu narasumber dari BKK Kelas I Panjang dr. Johansyah menerangkan bahwa yang perlu diketahui terkait bahaya Penyakit Meningitis adalah kondisi orang yang terinfeksi bisa dengan cepat menurunkan kesadaran.

“Dia menunjukkan gejala seperti nyeri kepala, leher kaku, kulit kemerahan atau bintik merah, daya ingat berkurang, bahkan hingga kejang,” terangnya.

Oleh sebab itu, Vaksin Meningitis sangat perlu dilakukan untuk mencegah adanya infeksi tersebut.

Vaksinasi sebaiknya dilakukan selambat lambatnya 10-14 hari sebelum keberangkatan dan bisa memberikan manfaat hingga 3 tahun.

Ada baiknya calon jama’ah Haji dan Umroh melakukan vaksinasi di fasyankes yang menyediakan Vaksinasi Meningitis dan sudah memiliki buku ICV (International Certificate Vaccination) resmi dari BKK (Balai Kekarantinaan Kesehatan).

dr. Arti Febriyani Hutasuhut juga menyampaikan bahwa Vaksin Meningitis dapat diiringi dengan Vaksin Influenza, guna memberikan imunitas yang prima selama beribadah.

“Bagi para jama’ah yang akan melaksanakan Ibadah Umroh bisa langsung melaksanakan Proses Vaksinasi Meningitis dan Vaksinasi Influenza di Klinik TelkoMedika Health Center Lampung” ajaknya.

Red

Komentar