Khidmat, Upacara Penurunan Bendera HUT ke-79 RI di Lampung Selatan Berjalan Lancar

Lampung Selatan26 Dilihat

Kalianda, (Metropolis.co.id) – Upacara penurunan bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang berlangsung di Stadion Zainal Abidin Pagaralam atau Stadion Jati, Kalianda, berlangsung khidmat, Sabtu sore (17/8/2024).

Sebelum penurunan upacara bendera, ada pertunjukan Marching Band Gita Bahana Mustika dari SMP Negeri 1 Katibung, yang membawakan lagu-lagu kebangsaan dan daerah.

Upacara penurunan bendera tahun ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Lampung Selatan, Arizal Anwar, S.H., M.H., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu, bertindak sebagai Komandan Upacara Panit 2 Reskrim Polsek Natar, Ipda Adek Suci Pebrianto, S.H.

Terpantau, acara penurunan bendera Sang Merah Putih dimulai sekitar pukul 16.40 WIB. Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Kemudian, Inspektur Upacara memberikan instruksi untuk melanjutkan prosesi penurunan bendera.

Selanjutnya, Paskibraka dengan langkah tegap dan teratur memasuki lapangan upacara. Kedatangan Paskibraka mengundang perhatian dan kebanggaan dari seluruh tamu yang hadir.

Bendera Merah Putih kemudian diturunkan perlahan-lahan oleh Paskibraka, diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang dikumandangkan dengan penuh semangat oleh seluruh peserta upacara. Momen ini menjadi simbol berakhirnya rangkaian peringatan kemerdekaan.

Setelah bendera berhasil diturunkan, bendera tersebut kemudian diserahkan kembali kepada Inspektur Upacara oleh anggota Paskibraka. Rasa haru dan bangga tampak terlihat pada wajah Inspektur Upacara, saat menerima bendera Merah Putih, yang melambangkan kedaulatan dan perjuangan bangsa Indonesia.

Diskominfo Lamsel

Komentar