Tingkatkan Kompetensi Profesional Guru, UIN RIL dan Baznas Lampung Tengah Teken MoU

Kabar Kampus340 Dilihat

Bandarlampung, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung ( RIL) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung Tengah (Lamteng) menandatangani nota kesepahaman (MoU).

Penandatanganan MoU ini berlangsung di Ruang Rapat Rektor, Senin (19/08/2024).

Naskah dokumen MoU ditandatangani oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN RIL Prof Dr H Idrus Ruslan MAg dengan Ketua Baznas Lampung Tengah Drs H Bustami MT, dengan tujuan mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengelolaan zakat yang berdampak positif bagi masyarakat, serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Lampung Tengah.

Ketua Baznas Lampung Tengah, Drs H Bustami MT, dalam sambutannya menyampaikan, kerja sama ini diharapkan dapat memberikan perhatian khusus kepada tenaga pendidik yang ingin meningkatkan profesionalisme mereka melalui PPG.

“Melalui MoU ini, kami berharap Baznas dapat berperan aktif dalam mendukung pendidikan, khususnya bagi para guru dan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UIN Raden Intan Lampung. Ini adalah langkah nyata untuk membantu mereka meningkatkan kompetensi dan kapasitas profesional,” ujarnya.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg menyambut baik kerja sama ini dan menekankan pentingnya penguatan kompetensi guru melalui PPG.

“UIN RIL sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) memiliki tanggung jawab besar dalam mempersiapkan guru-guru yang kompeten, terampil, dan siap menghadapi tantangan zaman. Kerja sama dengan Baznas Lampung Tengah ini merupakan langkah strategis dalam mendukung peningkatan profesionalisme guru di wilayah Lampung Tengah. Kami sangat mendukung dengan baik namun tetap kita patuhi regulasi yang ada,” jelasnya.

UIN RIL, yang selama dua tahun terakhir dipercaya untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) di bawah naungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), telah meluluskan beberapa angkatan guru profesional dengan menyentuh angka 100%.

Dengan adanya dukungan dari Baznas Lampung Tengah, diharapkan semakin banyak guru yang dapat mengikuti PPG dan meningkatkan kompetensi mereka secara akademis dan profesional.

Dekan FTK UIN RIL Prof Dr Hj Nirva Diana MPd pun menyampaikan apresiasi dan dukungannya dalam peningkatan kompetensi guru.

“Kami berkomitmen untuk mendukung peningkatan keprofesionalan guru melalui berbagai skema pembiayaan, termasuk APBN, APBD, LPDP, dan sekarang Baznas Lampung Tengah. Ini adalah upaya bersama untuk memajukan kualitas pendidikan di Lampung Tengah,” ungkapnya.

MoU ini mencakup beberapa ruang lingkup kerja sama, di antaranya pendidikan dan sosialisasi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, serta penyediaan dan pemanfaatan data dan informasi. Semua ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas para guru dan calon guru dalam menghadapi tuntutan era 4.0 dan 5.0.

Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh para pimpinan UIN RIL, termasuk Wakil Rektor I dan III, Kepala Biro AAKK, Dekan FTK, Kaprodi dan Seprodi PPG UIN RIL, Koordinator Humas dan Kerjasama, Kasubbag Kemahasiswaan, serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan DPD AGPAI.

Melalui kolaborasi ini, UIN Raden Intan Lampung dan Baznas Lampung Tengah berkomitmen untuk terus mendukung profesionalisme guru dan memperkuat pendidikan di wilayah Lampung Tengah.

Humas UIN-RIL

Komentar