UIN RIL Susun Pedoman PPI dan BBQ

Kabar Kampus423 Dilihat

Bandarlampung, (Metropolis.co.id) – Dalam upaya memperkuat pembinaan spiritual bagi mahasiswa baru, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) untuk menyusun Pedoman Pengamalan Ibadah (PPI) dan Bimbingan Baca Al-Quran (BBQ).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) ini bertujuan untuk menghasilkan panduan komprehensif yang akan menjadi acuan utama bagi mahasiswa baru dalam menjalankan ibadah sehari-hari dan meningkatkan kemampuan baca Al-Quran.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr H Alamsyah MAg, menyatakan, penyusunan pedoman ini sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa baru, terutama yang memiliki kemampuan terbatas dalam hal ibadah dan baca Al-Quran, dapat mendapatkan bimbingan yang memadai.

“Panduan ini akan membantu mahasiswa baru memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Prof Alamsyah dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan FGD di Ruang Sidang Senat, Senin (19/08/2024).

Pedoman PPI akan mencakup berbagai aspek dasar dari Rukun Islam, dengan penekanan pada adaptasi terhadap perkembangan zaman tanpa meninggalkan prinsip-prinsip utama.

Sementara itu, panduan BBQ akan memastikan mahasiswa memahami cara baca, makhraj, dan tajwid dengan benar, sehingga kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran dapat meningkat secara signifikan.

Tim perumus yang terlibat dalam penyusunan ini terdiri dari dua kelompok, masing-masing beranggotakan 22 orang. Mereka bekerja selama lima hari untuk menyelesaikan panduan yang dapat diterima oleh semua pihak dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Sementara, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Dr Asriani MH mengatakan, diharapkan mahasiswa baru UIN Raden Intan Lampung akan memiliki landasan kuat dalam ber ibadah dan mampu membaca Al-Quran dengan Tartil, sejalan dengan visi universitas untuk mencetak generasi yang berakhlakul karimah dan berpengetahuan luas.

Humas UIN-RIL

Komentar