Angkat Berat Lampung Tambah Medali Emas dan Perunggu di PON XXI 2024

Nasional, Sport893 Dilihat

Banda Aceh (Metropolis)– Cabang olahraga (cabor) angkat berat Lampung kembali menyabet dua medali sekaligus yakni emas dan perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

Emas diraih lifter Lampung atas nama Doni Meiyanto yang turun di kelas 66 kg, berhasil mencatatkan total angkatan 740 kg.

Pada babak squat, Doni berhasil mencatatkan total angkatan 290 kg. Namun, pada angkatan squat kedua dan ketiga di angka 300 kg Doni gagal.

Lalu di sesi benchpress, pada angkatan pertama Doni berhasil mengangkat total 150 kg. Di angkatan kedua yakni 160 kg Doni dapat mengangkatnya dengan ciamik. Namun, benchpress ketiga dengan total angkatan 165 kg dirinya gagal.

Di sesi terakhir yakni deadlift, Doni langsung unjuk gigi dengan beban 280 kg dan berhasil. Dan istimewanya, Doni mencatatkan rekor PON 2024 di sesi deadlift dengan total angkatan terbanyak yakni 290 kg.

Di kelas 66 kg medali perak diraih oleh lifter asal Riau, Yanuarius Sihura dengan total angkatan 730 kg. Sedang perunggu didapat oleh lifter asal Jawa Barat atas nama Dadang Nur Iwan dengan total angkatan 727,5 kg

Sementara untuk perunggu diraih oleh Albin Andrean Putra di kelas 59 kg. Pada babak squat Albin berhasil mengangkat total beban 260 kg.

Lalu, di sesi benchpress Albin kurang piawai dengan hanya mencatatkan total angkatan 130 kg, dua dari tiga angkatannya gagal di angka 140 kg.

Di sesi deadlift total angkatan yang berhasil diangkat oleh Albin sebanyak 260 kg. Hasil ini mencatatkan total angkatan Albin sebanyak 650 kg.

Peraih emas pada kelas 59 kg atlet dari Riau, Syaifahmi Rizki dengan total angkatan 705 kg, dan perak diraih atlet asal Jabar atas nama Shihab Alizahra dengan total angkatan 667,5 kg.

Kabid Binpres KONI Lampung, Chandra Kurniawan bersyukur atas perolehan medali yang diraih kontingen Lampung.

“Di lifter putri tadi kita dapat perunggu, dan saat ini dua lifter putra kita meraih emas dan perunggu. Ini hasil yang membanggakan,” ungkapnya.

Hasil ini lanjutnya, mengokohkan posisi 9 klasemen sementara Lampung di PON XXI 2024 dengan mengoleksi 17 emas.

Hms

Komentar