Prodi BKPI Tinjau Kurikulum OBE

Kabar Kampus524 Dilihat

Bandar Lampung (Metropolis.co.id) – Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung (RIL) adakan Workshop Peninjauan Kurikulum Outcome Based Education (OBE).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 01–02 Agustus 2023 diselenggarakan di Ruang Meeting Gedung Academic & Research Center kampus setempat.

Dekan FTK yang diwakili oleh Wakil Dekan III, Prof Dr H Subandi MM, membuka kegiatan yang diikuti oleh seluruh dosen BKPI ini. Prof Subandi menyampaikan, sejatinya kurikulum perlu ditinjau agar mampu menghantarkan proses pembelajaran yang semakin baik sehingga menghasilkan mahasiswa yang berkualitas dan berkompetensi.

Hal senada disampaikan Ketua Prodi BKPI, Dr Ali Murtadho MSi. Menurutnya, kurikulum adalah sebuah keharusan yang mesti ditinjau, karena apabila tidak ditinjau kurikulumnya, maka sebuah lembaga pendidikan akan tertinggal.

Dalam workshop tersebut, Ketua Prodi BKPI, Dr Ali Murtadho MSi mengatakan narasumber yang dihadirkan merupakan expert di bidangnya. Narasumber tersebut ialah Dr Dody Hartanto MPd selaku Ketua Prodi Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Ia juga termasuk Tim Reviewer Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM Perguruan Tinggi Kemendikbud serta TOT Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya mengenai selayang pandang kurikulum OBE, penyusunan kurikulum OBE dan peninjauan kurikulum prodi BKPI UIN RIL. Para dosen juga terlibat aktif dalam praktik membuat kurikulum OBE dan RPS berbasis OBE.

Humas UIN RIL

Komentar