Bupati Asahan Bicara Soal Eksistensi Perempuan Dalam Pembangunan

Asahan832 Dilihat

Kabupaten Asahan, (Metropolis.co.id) – Bupati Asahan, H. Surya, BSc mengatakan, momentum Peringatan Hari Ibu (PHI) dapat mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian dan pengakuan tentang pentingnya eksistensi perempuan dalam pembangunan. 

Hal itu disampaikan Surya dalam sambutannya pada acara Puncak PHI ke-95 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP), yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Kamis (21/12/2023).

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan saya mengucapkan selamat Hari Ibu ke-95 Tahun 2023. Semoga peringatan ini dapat dijadikan momentum bagi kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun Kabupaten Asahan sesuai dengan keahlian dan tanggung jawabnya masing-masing,” ujar Surya.

“Dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar, bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya, serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan”, imbuhnya.

Bupati juga berkeinginan agar DWP Asahan dapat berkarya untuk meningkatkan peran serta strategis kaum perempuan dalam pembangunan berkelanjutan dengan suasana penuh kebersamaan.

Bupati menyebutkan, PHI ke-95 dan HUT ke-24 DWP ini diharapkan dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya mengatakan, perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam semua aspek kehidupan. Namun, seringkali suaranya diabaikan.

Karena itu, menurutnya, perlu adanya upaya konkret untuk memberikan platform yang memungkinkan perempuan untuk bersuara, berpartisipasi, dan mempengaruhi perubahan dalam berbagai sektor di masyarakat.

“Perempuan berdaya dan berkarya adalah panggilan untuk semua pihak, baik pemerintah, lembaga masyarakat sipil dan individu, untuk bersatu mendukung dan memberdayakan perempuan dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil sejahtera dan berkelanjutan”, kata Titiek.

Menurut dia, PHI dan HUT DWP bukan hanya tentang merayakan peran perempuan dalam keluarga, masyarakat, serta bangsa dan negara. Tetapi, juga mengenang sumbangan luar biasa perempuan sebagai agen perubahan yang telah berkontribusi dalam menghadirkan revolusi sosial, ekonomi, politik, pendidikan dan budaya, serta aspek pembangunan lainnya.

“Semoga perjuangan perempuan dalam membebaskan segala bentuk kekerasan dapat terwujud dan berkelanjutan, serta dapat mewujudkan kesetaraan gender secara sosial inklusi”, harapnya.

Kegiatan diwarnai pembagian hadiah oleh Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Ketua TP PKK Asahan, dan Ketua DWP Asahan kepada para pemenang lomba memasak nasi goreng tingkat OPD dan kecamatan se-Kabupten Asahan yang dilaksanakan pada 20 Desember 2023 di Gedung Serbaguna Kisaran.

Untuk lomba memasak nasi goreng tingkat OPD, Juara I Dinas Pertanian, Juara II Dinas Sosial, Juara III Dinas Porapar, Harapan I Dinas P2KBP3A, Harapan II Dinas Kesehatan, dan Harapan III BKPSDM.

Untuk lomba memasak nasi goreng tingkat kecamatan, Juara I Kecamatan Rawang Panca Arga, Juara II Kecamatan Air Batu, Juara III Kecamatan Kota Kisaran Timur, Harapan I Kecamatan Pulau Rakyat, Harapan II Kecamatan Aek Kuasan, dan Harapan III Kecamatan Aek Ledong.

BisaNews

Komentar