Prodi MPI Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Tata Kelola Perkantoran

Kabar Kampus421 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tata Kelola Perkantoran Mahasiswa melalui Sertifikasi Kompetensi.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2024 di Ruang Sidang lt.3 Rektorat Lama UIN Raden Intan Lampung.

Ketua Prodi MPI UIN RIL, Dr Yetri MPd mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa MPI di bidang tata kelola perkantoran. Hal ini sejalan dengan komitmen Prodi MPI dalam menyiapkan tenaga administrasi yang handal, terutama di lembaga pendidikan dan perkantoran.

“Adanya pelatihan ini mewadahi mahasiswa agar memiliki skill atau kemampuan sesuai dengan profil lulusan. Sehingga bisa mendukung mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih sesuai dengan kompetensi mereka nantinya,” ujar Dr Yetri.

Sebanyak 25 mahasiswa MPI, dengan prioritas mahasiswa semester 5 ke atas, mengikuti pelatihan ini. Para peserta mendapatkan materi tentang berbagai aspek tata kelola perkantoran oleh Elva Septinawati SE MM, seorang asesor dan instruktur PT Kharisma Lumbung Ilmu beserta tim.

Pada hari ketiga pelatihan, para peserta akan mengikuti tes untuk menguji kompetensi yang telah mereka pelajari. Tes ini akan dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi yang memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Mahasiswa yang lulus tes akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari BNSP. Sertifikat ini dapat menjadi nilai tambah bagi mereka saat mencari pekerjaan.

“Sertifikat BNSP ini dapat menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) di kampus kita,” ujar Dr Yetri. “Hal ini menjadikan lulusan MPI tidak hanya mengandalkan ijazah, tetapi juga memiliki keterampilan tambahan yang diakui secara nasional.”

Ia berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para mahasiswa. Selain mendapatkan ilmu, mereka juga mendapatkan keterampilan tambahan yang dapat membantu mereka dalam meraih kesuksesan di masa depan.

Humas UIN-RIL

Komentar