Pj. Gubernur Samsudin Tinjau Pembangunan Pasar Pasir Gintung, Diharapkan Diresmikan Akhir Agustus 2024

Saburai296 Dilihat

Bandarlampung, (Metropolis.co.id) – Pj. Gubernur Lampung Samsudin, didampingi Walikota Bandarlampung Eva Dwiana, meninjau progres pembangunan Pasar Pasir Gintung, Kota Bandar Lampung, Kamis (22/08/2024).

Samsudin menekankan pentingnya percepatan penyelesaian pembangunan pasar, terutama mengingat target peresmian yang diharapkan dapat dilakukan pada akhir Agustus 2024.

Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi Lampung dalam memastikan kelancaran dan kesiapan proyek-proyek strategis daerah sebelum diresmikan dan digunakan oleh masyarakat. Juga bertujuan untuk memastikan bahwa pembangunan Pasar Pasir Gintung berjalan sesuai dengan rencana dan standar yang telah ditetapkan.

“Agar seluruh pihak terkait dapat bekerja maksimal, sesuai dengan alokasi anggaran APBD yang telah disiapkan,” ujar Samsudin.

Dia mendorong agar penyelesaian pembangunan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, agar tidak ada keterlambatan yang dapat mengganggu penggunaan pasar oleh masyarakat.

“Agar pasar ini segera dapat beroperasi dan melayani masyarakat dengan baik,” katanya.

Samsudin memberikan arahan terkait untuk dilakukan pemasangan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di titik-titik strategis pasar.

Dia menegaskan bahwa aspek keselamatan harus menjadi prioritas utama, terutama di tempat-tempat publik seperti pasar.

Selain itu, Samsudin menyarankan agar denah Pasar Pasir Gintung agar turut ditampilkan secara jelas di beberapa lokasi strategis dalam pasar.

“Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” katanya.

Dia menyampaikan pemerintah daerah sendiri berkomitmen untuk terus mendukung proyek-proyek yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Menurutnya, pembangunan Pasar Pasir Gintung ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal dan menjadi pusat kegiatan ekonomi yang strategis di Bandarlampung.

“Peresmian Pasar Pasir Gintung nantinya diharapkan menjadi tonggak penting dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi daerah,” katanya.

Sementara itu, Walikota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan kesiapan Pemerintah Kota Bandarlampung untuk bekerja sama dengan semua pihak terkait guna mempercepat proses pembangunan dan memastikan semua aspek berjalan sesuai dengan rencana.

Eva menargetkan penyelesaian pasar terutama jalan depan pasar dalam waktu dekat.

“Bagian depan pasar diproyeksikan akan rampung dalam tiga hari mendatang, sehingga akses masuk menuju pasar akan lebih lancar dan memadai,” ujar Eva.

Eva menjelaskan pada pasar ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum yang telah disiapkan. Meliputi kamar mandi, musholla, ruang untuk ibu menyusui, serta sistem keamanan berbasis CCTV yang akan memantau aktivitas di seluruh area pasar.

Kemudian, adanya denah pada pasar melalui smart TV atau papan informasi yang mudah diakses oleh pengunjung pasar.

“Semua fasilitas ini disiapkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung pasar,” katanya.

Eva berharap Pasar Pasir Gintung ini akan menjadi contoh pasar modern yang tidak hanya menyediakan fasilitas yang memadai, tetapi juga mengedepankan keamanan, kenyamanan, dan keindahan lingkungan.

Selama kunjungan, Pj. Gubernur Samsudin berkesempatan memeriksa langsung fasilitas yang sudah dibangun, termasuk basement parkir, ruang mesin dan ruang keamanan yang dilengkapi dengan CCTV.

Samsudin ingin memastikan bahwa semua fasilitas telah memenuhi standar yang ditetapkan dan siap digunakan oleh masyarakat serta aspek keamanan dipersiapkan dengan baik dan siap untuk dioperasikan ketika pasar sudah resmi dibuka.

Adpim

Komentar