Tertinggal, Eto Puas Berjuang di Danau Toba

Sport78 Dilihat

Medan, (Metropolis) – Atlet Lampung, Eto O Arsitiko Lody Ismail finish di posisi ke-6 pertandingan cabang olahraga renang perairan terbuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Pada pertandingan yang berlangsung di Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (11/9/2024), Eto yang turun di nomor 3.000 meter putra finish di posisi ke-6 dengan catatan waktu 43 menit 28,2 detik.

Sedangkan medali emas diraih perenang Jawa Timur, Agung Sulaksono Putra Alamsyah dengan catatan waktu 38 menit 23 detik.

Medali perak direbut atlet asal Jawa Tengah, Alvino Dika Wijaya dengan catatan waktu 38 menit 28,2 detik. Sementara perunggu direbut perenang DKI Jakarta, Sang Arka Ning Jaladri Prawatya dengan waktu 39 menit 01,5detik.

Pelatih Renang Perairan Terbuka Lampung, Cindy Claresta mengatakan hasil yang dicapai Eto tersebut sudah sesuai target.

“Hasilnya alhamdulillah finish di posisi ke-6 nomor 3.000 meter putra. Sudah sesuai dengan target, tapi belum bisa mempersembahkan medali untuk Lampung. Kami sudah berusaha dengan maksimal,” kata Cindy, saat ditemui usai pertandingan.

Sementara itu,, Eto O Arsitiko Lody Ismail mengaku tetap bersyukur bisa finish di posisi ke-6 meski hasil tersebut belum sesuai dengan apa yang diharapkannya untuk bisa mempersembahkan medali bagi Lampung.

“Alhamdulillah ya bisa finish strong di posisi ke-6. Kalau harapannya bisa naik podium (raih medali) , tapi takdir saya finish di peringkat ke-6,” ujarnya.

“Yang pasti ke depan saya coba untuk evaluasi dan terus latihan sama coach, fokus untuk lebih baik lagi,” lanjutnya.

TIM Monev KONI Lampung Edi Purnomo didampingi Nazwar Basyuni, menilai dari catatan waktu yang diperoleh Eto sebenarnya dapat bersaing dengan atlet-atlet lain.

“Alhamdulillah atlet kita bisa bersaing di arena PON ini, walaupun di urutan keenam. Memang masih di bawah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta,” kata Edi, usai menyaksikan pertandingan renang perairan terbuka di Danau Toba.

“Kita berharap karena atlet kita ini masih muda, ke depan dapat terus berlatih dengan giat untuk bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Poet

Komentar