Prodi PBA UIN MY Batusangkar dan FGMP Sumbar Sukses Gelar Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Provinsi

Kabar Kampus1713 Dilihat

Batusangkar, (Metropolis.co.id) – Program Studi (Prodi) Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa Arab, bekerja sama dengan Forum Musyawarah Guru Bahasa Arab (FGMP) Sumatera Barat, berhasil menggelar Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat provinsi di Auditorium Kampus 2 UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Acara ini menarik partisipasi 250 peserta yang didampingi oleh 130 pembimbing, mewakili 130 lembaga pendidikan se-Sumatera Barat, mulai dari Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar.

Tujuan utama olimpiade ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa serta memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan di Sumatera Barat dalam mendukung pengembangan kompetensi bahasa asing di kalangan generasi muda.

Prodi Bahasa Arab UIN Mahmud Yunus Batusangkar melalui HMPS, yang diketuai oleh Hamid Maulana, memegang peran kunci dalam suksesnya acara ini bersama panitia dari FGMP yang dipimpin oleh Hardison, M.Ag.

Tokoh-tokoh penting turut hadir dalam acara pembukaan, termasuk Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Sumatera Barat diwakili Dr. H. Jhon Of Rizal One, MA dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Dr. H. Ridwal Trisoni, M.Pd.

Kedua tokoh ini menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Olimpiade Bahasa Arab sebagai ajang kompetisi yang memacu semangat belajar siswa.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini sebagai wadah bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bahasa Arab, yang merupakan salah satu bahasa internasional dan agama,” ujar Dr. H. Jhon Of Rizal One, MA.

Dr. H. Ridwal Trisoni, M.Pd. juga menekankan pentingnya kolaborasi antara mahasiswa Prodi Bahasa Arab dan para guru dalam menyelenggarakan kegiatan semacam ini.

“Ini adalah contoh nyata dari sinergi positif antara mahasiswa dan para pendidik. Kami berharap Olimpiade Bahasa Arab ini terus menjadi agenda tahunan yang bermanfaat bagi semua peserta.”

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan Prodi Bahasa Arab UIN Mahmud Yunus Batusangkar semakin dikenal sebagai pusat pengembangan dan pembelajaran bahasa Arab di Sumatera Barat.

Humas UIN-MYB

Komentar