8 Mahasiswa UIN MY Batusangkar Ikuti KKN Internasional ke Malaysia

Kabar Kampus968 Dilihat

Batusangkar, (Metropolis.co.id) – Program bergengsi Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar kembali berangkatkan 8 Orang mahasiswa berprestasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional ke Malaysia.

8 orang mahasiswa berprestasi FEBI UIN Mahmud Yunus Batusangkar dilepas langsung oleh Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Delmus Puneri Salim, Ph.D. didampigi Dekan FEBI Dr. H. Rizal M.Ag., CRP. dan dosen pembimbing Dr. Novia Nengsih, MA.Ek., CIFA. (04/10/24).

KKN Internasional ini, direncanakan akan dilaksanakan selama 15 hari mulai pada 08 Oktober sampai 22 Oktober 2024, yang akan berkolaboasi dengan Kolej Universiti Islam Antarbangsa Sultan Ismail Petra (KIAS) Kelantan Malaysia.

Prof. Delmus, Rektor UIN MY Batusangkar mengatakan 8 mahasiswa yang akan melakukan KKN ini, akan menjadi duta UIN MY Batusangkar di negeri Jiran tersebut, insyaallah kehadiran mereka dapat menjadi problem solving, bukan menambah masalah ketika turun di tengah masyarakat apalagi sudah berbeda negera asing.

Lebih lanjut Rektor UIN MY Batusangkar menyampaikan, selama beraktifitas KKN nanti tetap berhati-hati dan tetap jaga kesehatan, jaga kedisiplinan dan perhatikan aturan yang berlaku, pengalaman ini sangat berharga tentunya bagi mahasiswa dan memberikan kontribusi positif bagi UIN MY Batusangkar nantinya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa KKN ini merupakan KKN lintas negara, yang mana pasti terdapat perbedaan budaya, oleh karena itu para mahasiswa harus beradaptasi dengan lingkungan di sana kelak.

Ia pun berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan berdoa agar pulang kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat. Semoga kegiatan KKN Internasional ini berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu Dekan FEBI Dr. Rizal menyampaikan, KKN Internasional ini merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di luar negeri, mereka akan merasakan bagaimana rasanya melakukan pengabdian di tengah-tengah masyarakat dan berinteraksi dengan masyarakat dari negara lain.

Adapun program KKN Internasional ini melibatkan perwakilan mahasiswa seluruh program studi di FEBI, dengan melakukan seleksi. Dekan FEBI juga meminta agar mahasiswa lebih peka terhadap nilai-nilai pengabdian masyarakat. Ia juga berpesan agar dimana pun mahasiswa ditempatkan, maka di situlah tenaga dan pikiran harus diabdikan.

”Para peserta KKN juga diminta mengimplementasikan ilmu secara empiris di tengah masyarakat,” tutupnya.

Humas

Komentar