Apresiasi Tokoh Filologi Nasional, Rektor UIN MY Batusangkar Launching Yusri A Corner

Batusangkar, (Metropolis.co.id) – Sebagai salah satu apresiasi dan penghormatan sosok yang hebat, seorang tokoh filologi nasional yakni Almarhum Dr. Yusri Akhimuddin, MA.Hum.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Delmus Puneri Salim, Ph.D. Launching Yusri A Corner. dibawah naungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Selasa, 15/10/24 di auditorium FUAD kampus II.

“Penghargaan ini menjadi simbol penghormatan UIN Mahmud Yunus Batusangkar terhadap dedikasi dan sumbangsih beliau dalam bidang filologi”

Yusri A Corner ini, hadir dalam wadah pengembangan kajian filologi, literasi, dan keilmuan dalam bidang adab dan dakwah, yang relevan dengan tantangan zaman modern ini. “ucap Prof. Delmus Puneri.

Mengingat almarhum, adalah salah satu dosen teladan yang dimiliki oleh UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Yusri Akhimuddin tidak hanya menjadi teladan bagi mahasiswa, tetapi juga inspirasi bagi seluruh komunitas akademis. “tegasnya.

Almarhum yang dikenal sebagai salah seorang filologi yang mempelajari berbagai seluk beluk naskah kuno, beliau aktif di berbagai organisasi pernaskahan baik di tingkat lokal, regional dan Internasional, untuk kepentingan ilmu manuskrip. “sambung rektor.

Saya berharap, Yusri A Corner dapat berkembang menjadi pusat kajian, yang produktif dan aktif, serta tempat penyimpanan naskah-naskah kuno, dan menjadi sumber inspirasi dan tempat diskusi bagi para mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam kajian-kajian filologi dan adab.

Sementara itu, Dekan FUAD Dr. Risman Bustamam, M.Ag. mengucapkan terimah kasih atas kepercaan dan izin berdirinya Yusri A Corner oleh keluarga Yusri Akhimuddin (istri dan anak) serta keluarga besar almarhum.

Melalui Yusri A Corner, saya yakin kita dapat melahirkan pemikiran-pemikiran baru yang dapat bermanfaat bagi umat, serta memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang adab dan dakwah. “sebut Dr. Risman.

Dalam Launching Yusri A Corner, kita juga menghadirkan pemateri pakar filologi tentang pelestarian naskah kuno dalam akademis dan budaya, seperti Dr. Ahmad Taufik Hidayat. MA. Dosen Filologi UIN IB Padang. Destra Tri Arman, S,.Kom Dinas Perpustakaan Sumatera Barat dan Dr. Akhyar Hanif, MA Pemerhati Filologi.

Kami juga berharap ini dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai filologi, serta berkontribusi dalam pelestarian budaya bangsa, demi masa depan keilmuan dan budaya yang lebih baik. “tutup Dekan.

Hadir dalam Launching Yusri A Corner, Professor Filologi di Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Prof. Dr. Oman Faturahman, M,.Hum, keluarga besar Almarhum Yusri Akhimuddin serta pimpinan UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Wakil Rektor I, III dan pimpinan FUAD.

Humas UIN-MYB

Komentar