Pj.Bupati Pringsewu Lantik Puluhan KUPT SD dan SMP

Pringsewu108 Dilihat

Pringsewu, (Metropolis) – Puluhan guru yang mendapat penugasan sebagai kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu dilantik dan diambil sumpah oleh Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan di Aula Utama Pemkab setempat, Rabu (23/10/2024).

Mereka terdiri dari 24 guru Sekolah Dasar dan 2 guru Sekolah Menengah Pertama.

Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan pada acara pelantikan yang dihadiri Inspektur Kabupaten Pringsewu Andi Purwanto, Kepala BKPSDM Kabupaten Pringsewu Eko Sumarmi dan Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Titik Puji Lestari.

Titik mengatakan pelantikan dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No.40 Tahun 2021 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Kemudian Surat Edaran Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Dalam Negeri dan Badan Kepegawaian Negara No.1 Tahun 2024, No.100.4.4.2/2028/57 dan No.5 Tahun 2024 Tentang Percepatan Pengangkatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

“Adapun pelantikan dan sumpah/janji kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu ini didasarkan pada Surat Keputusan Bupati No.821.2/2060/B.04/2024 tentang
Pengangkatan dan Pemindahan Guru yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Hal ini, kata Pj.Bupati, untuk mengisi jabatan kepala sekolah yang kosong berdasarkan pada syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas, serta persyaratan lain yang dibutuhkan sesuai jabatan yang akan diemban.

Menurutnya, sebuah jabatan pada hakikatnya merupakan bentuk penghargaan atas prestasi seorang pegawai, sekaligus sebuah amanah yang dapat dimaknai sebagai titipan yang mengandung sebuah komitmen dan tanggung jawab.

“Amanah ini bukan hanya dari pimpinan atau atasan semata, melainkan juga dari seluruh masyarakat Pringsewu dan tentunya juga dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Perlu diingat bahwa jabatan ini setiap waktu selalu diawasi dan terus dilakukan evaluasi,” ujarnya.

Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan juga mengharapkan para kepala UPT SD dan SMP yang dilantik untuk dapat menghiasi lingkungan sekolah masing-masing dengan tanaman bambu sebagai icon Kabupaten Pringsewu.

“Hal ini juga sesuai arahan Pj.Gubernur Lampung agar Kabupaten Pringsewu dapat memunculkan serta mengangkat icon yang menjadi ciri khas daerah. Dan, sesuai dengan namanya, tanaman bambu dipilih sebagai icon Kabupaten Pringsewu,” terangnya.

Red

Komentar