PJ Gubernur Samsudin Sambut Baik Rakorda BAZNAS Lampung 2024

Saburai555 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Lampung bersiap untuk mensukseskan agenda besar Rakorda pada tanggal 8 – 9 November 2024 mendatang.

Sebagai kesiapan acara tersebut BAZNAS Lampung melakukan audensi dengan Pj Gubernur Lampung Dr. Drs. Hi. Samsudin, S.H, M.H, M.Pd, pada Selasa 22 Oktober 2024, di Kantor Gubernur Lampung.

Pj Gubernur Lampung Samsudin dalam pertemuan itu didampingi Karo Kesra dan Biro Hukum Pemda Lampung.

Audensi tersebut di Hadiri Ketua BAZNAS provinsi Lampung, Hi. KomaruNizar, M.PdI, Wakil Ketua I Indriani Dewi, Wakil Ketua II Hi. Iskandar Zulkarnain, Wakil Ketua III Asep Abdul Basit, Wakil Ketua IV Hi. Lukmanul Hakim.

Pertemuan ini bertujuan untuk menyampaikan program-program BAZNAS Lampung, yang sudah berjalan 2,5 (dua setengah tahun).

Ketua BAZNAS Lampung Komaru Nizar , M.PdI, melaporkan bahwa tugas dan fungsi Baznas adalah merencanakan, mengkoordinasikan, mengumpulkan dan menyalurkan Zakat Infaq dan Shodaqoh.

Dimana sumber itu yang diamanahkan para Muzaki dan Munfiq kepada BAZNAS Propinsi Lampung, yang saat ini pengumpulan zakat, infak dan sedekah baru menyentuh ASN Provinsi Lampung.

Pengumpulan tersebut selama ini telah didistribusikan dalam bentuk program distribusi yang sifatnya konsumtif, berupa pemberian santunan, kepada para dhuafa, fakir dan miskin.

Maupun distribusi dalam bentuk program pedayagunaan zakat, antara lain, program Desa Baznas di kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Tulang Bawang di bidang Budi daya ternak kambing.

Outcome dari program ini peningkatan taraf hidup lebih sejahtera untuk masyarakat pedesaan, pengentasan kemiskinan, terbentuknya lapangan usaha baru di bidang budidaya ternak, terbentuknya klaster baru dalam peningkatan populasi ternak di provinsi Lampung agar menjadi lumbung ternak nasional.

Selain itu di bidang kesehatan BAZNAS Menggulirkan program Rumah Sehat Baznas (RSB), inisiasi program ini baru terealisasi di dua Kabupaten, yakni Kabupaten Lampung Tengah dan Pesawaran.

Dalam audiensi tersebut, Pj. Gubernur Samsudin menyatakan dukungannya terhadap kegiatan BAZNAS Lampung. Beliau menyatakan kesediaannya untuk hadir dan membuka secara resmi Rakorda nanti.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini dan InsyaAllah saya akan hadir pada pembukaan Rakorda BAZNAS Lampung nanti,” ujar Samsudin.

Ketua BAZNAS Lampung, Komaru Nizar, M.PdI, menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pj. Gubernur Lampung.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Pj. Gubernur Lampung untuk Rakorda tahun ini, Rakorda BAZNAS Lampung akan dihadiri Pimpinan BAZNAS RI, Koordinator Wilayah Lampung, Prof. Dr. Nadratuzzaman Hosen, dan melibatkan sekitar 200 peserta yang terdiri dari pimpinan dan amil BAZNAS dari kabupaten/kota se-provinsi Lampung, Pimpinan LAZ, Forkopimda Lampung, dan para OPD,” jelasnya.

Selain itu juga menurutnya, Rakorda BAZNAS kali ini titik fokus pembahasannya terkait, penguatan strategi pengumpulan, penguatan pelaporan keuangan dengan sistem digitalisasi SIMBA dan Penyusunan RKAT yang lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

Rakorda BAZNAS Provinsi Lampung 2024 ini, diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam penguatan koordinasi dan peningkatan kapasitas amil zakat di Provinsi Lampung.

“Dengan adanya dukungan dari pemerintah provinsi, diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” demikian KomaruNizar, M.PdI.

Rls

Komentar