PLT Bupati Lamsel dan Ditjen PSP Kementan-RI Panen Raya Padi di Palas

Kabar Daerah180 Dilihat

Lampung Selatan : Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto bersama Ditjen prasarana dan sarana pertanian (PSP) Kementerian Pertanian RI, Ir. Pending Dadih Permana, melakukan panen raya padi, yang berpusat di Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Jum’at (02/11/2018).

Dikesempatan itu, dalam sambuatannya Nanang menyampaikan terima kasih kepada kementan RI, yang hadir dalam acara panen raya padi tersebut. Menurutnya dengan kedatangan kementan di Lamsel, dapat mendorong semangat para petani dalam mencapai suatu tujuan, terutama dalam pertanian.

“Pada program Upaya Khusus (UPSUS) yang diprogramkan oleh kementan RI ini, mudah-mudahan dapat mendorong semangat para petani yang ada di lamsel. Sehingga panen raya mendapatkan hasil yang lebih dari sebelumnya,” kata Nanang.

Sementara itu, Ir. Pending dadih permana menuturkan, bahwa di Indonesia mempunyai 17 provinsi lumbung pertanian penghasil beras terbesar dan provinsi Lampung menjadi salah satunya. Maka dari itu, pemerintah terus berupaya dalam meningkatkan prasarana serta sarana pertanian yang dibutuhkan disetiap pertanian tersebut.

“Kecamatan Palas merupakan lumbung penghasil beras terbesar di Lampung, sedangkan Lampung masuk salah satu lumbung terbesar di indonesia. Maka keliru jika negara tidak hadir diantara itu,” tuturnya.

Dirinya juga berpesan, agar para petani membuat sebuah lembaga pertanian. Dengan maksud, apa yang sudah di programkan oleh pemerintah pusat dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Ia juga berjanji akan segera membangun tempat pengelola padi, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para petani.

“Agar program tersebut berjalan dengan maksimal, secepatnya kita akan membangun tempat penggilingan padi. Dan untuk masalah pengairan, Alhamdulilah petani disini tadi sudah ada yang mau menghibahkan tanahnya untuk dibangun sebagai penandah air hujan, namun untuk verifikasi dalam pembuatannya harus sesuai,” pesan pending.

Hal serupa disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPR RI di Kab. Lampung Selatan, Sudin SE, yang juga hadir dalam panen raya tersebut, dirinya meminta kepada para petani agar dapat mengelola alat mesin pertanian (Alistan) dengan sebaik mungkin.

“Bantuan alat mesin pertanian (Alistan) ini bukan hanya milik ketua kelumpok, Namun milik seluruh anggota dan ketua, dan alat ini juga bisa di kelola, dengan disewakan, jadi manfaatkan. Dan juga jangan lupa dirawat. Harapan saya kedepan, petani bukan menjual gabah, tetapi saya ingin petani menjual beras,” pungkasnya.

Penulis : Dendi Hidayat

Komentar