Peduli Tsunami Kemenkumhan RI Cabang Lampung Salurkan Bantuan

Lampung Selatan178 Dilihat
Peduli Tsunami Kemenkumhan RI Cabang Lampung Salurkan Bantuan

Lampung Selatan : Lampung Selatan: Bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan terus mengalir. Sejumlah bantuan tiba di posko penanggulangan darurat bencana tsunami Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Hari ini, giliran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) RI Kantor Wilayah Lampung menyalurkan bantuan berupa uang dan kebutuhan dasar lainnya.

Bantuan itu, secara simbolis diserahkan Kepala Kantor Kemenkum HAM RI Wilayah Lampung Bambang Haryono kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel, Nanang Ermanto di posko logistik penanggulangan darurat bencana tsunami Kabupaten Lamsel, Jumat (4/1/2019).

Adapun bantuan yang diberikan yakni, uang tunai sebesar Rp50 juta, uang tunai sebesar Rp20 juta yang dibagi dalam 100 amplop masing-masing sebesar Rp200 ribu, 100 paket kebutahan dasar sehari-hari, 100 paket keperluan sekolah bagi siswa SD, 50 paket perlengkapan shalat wanita, 101 paket kasur lipat, 50 kg gula pasir, 745 kg beras, 70 dus mie instan, 21 dus air mineral, serta pakaian baik untuk wanita dan anak-anak.

Sebelumnya, Keluarga besar Mahkamah Agung (MA) RI juga telah menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban tsunami di Lamsel, pada Rabu (2/1/2019). Bantuan yang diberikan itu berupa uang sebesar Rp150 juta.

Bantuan tersebut diserahkan Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang Zaid Umar Bob Said serta Kepala Biro Hukum dan Humas MA RI Abdullah dan diterima secara simbolis oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto, Kepala BKD Lamsel Akar Wibowo, dan Kepala BPBD Lamsel I Ketut Sukerta.

Nampak hadir juga, Ketua PN Gunungsugih Syamsul Arief, Ketua PN Kalianda Mashuri Effendi, dan Hakim Tinggi PT Tanjungkarang Diah Sulastri Dewi.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah mengatakan bantuan kemanusiaan itu berasal dari keluarga besar MA RI dan jajaran organisasi di bawahnya yang terdiri dari IKAHI, IPASPI, dan Dharmayuktikarini.

Abdullah menambahkan, bantuan itu merupakan bukti kepedulian pihaknya terhadap bencana tsunami. Menurutnya, Mahkamah Agung di bawah kepemimpinan Ketua MA RI M Hatta Ali selalu cepat dan tanggap dalam memberi keadilan dan kepedulian kemanusiaan, termasuk bantuan kemanusiaan tersebut.

Penulis : Dendi Hidayat

Komentar