Pengurus Besar PGRI Bantu Anggota Terdampak Tsunami di Lamsel

Pengurus Besar PGRI Bantu Anggota Terdampak Tsunami di Lamsel

Lampung Selatan: Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) bersama PGRI Provinsi Lampung menyalurkan bantuan khusus untuk anggota PGRI yang terdampak tsunami Selat Sunda di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Bantuan berupa uang tunai, diberikan kepada 51 anggota PGRI di wilayah Lamsel yang terdampak tsunami masing-masing dengan kategori berat sebesar Rp8 juta, kategori sedang Rp5 juta, dan kategori ringan Rp5 juta.

Secara simbolis bantuan diserahkan Ketua Umum PB PGRI Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamsel Fredy SM, dan Kepala Dinas Pendidikan Lamsel Thomas Amrico, Aula Rajabasa, Kantor Bupati setempat, Kamis (31/1/2019).

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto sangat mengapresiasi inisiatif dari para guru yang tergabung dalam PGRI Provinsi Lampung, atas kepeduliannya terhadap korban bencana tsunami Selat Sunda di Kabupaten Lamsel.

Nanang mengatakan, bentuk kepedulian tersebut harus terus dijaga. Karena menurutnya, dengan kebersamaan, yang berat akan menjadi ringan, dan yang sulit akan menjadi mudah.

“Ini adalah bentuk kebersamaan yang luar biasa, saya pikir hal seperti ini perlu untuk ditunjukkan dan dijaga. Sehingga semuanya akan dapat diselesaikan dengan baik berkat kebersamaan,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan itu, Nanang meminta seluruh anggota PGRI di wilayahnya bisa ikut memberikan edukasi kebencanaan secara konsisten yang dilakukan sejak dini kepada anak didiknya.

Sebab katanya, Kabupaten Lamsel yang terletak di Ring of Fire menjadi potensi bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu, sehingga penting bagi siswa maupun masyarakat memiliki pengetahuan dan kesadaran kesiapsiagaan bencana.

“Saya minta guru juga bisa ikut mensosialisasikan ini kepada anak didiknya dan masyarakat, khususnya yang tinggal di pinggir pantai. Sedini mungkin kita ajarkan kepada anak didik kita untuk peduli dengan lingkungan,” imbuh Nanang.

Sementara itu, Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi menyampaikan duka dan prihatin yang mendalam atas musibah tsunami yang menimpa masyarakat Kabupaten Lamsel.

Dikatakannya, PGRI terus berupaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam membantu dan meringankan beban masyarakat yang terkena musibah.

“Sesungguhnya, kami sedang menggalang bantuan untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah di Sulawesi Tengah, karena kami ingin terus berdiri paling depan. Maka, ketika ada bencana di Lampung Selatan, kami merasa terpanggil untuk membantu,” kata Unifah.

Pantauan tim imi, selain dihadiri anggota PGRI Kabupaten Lamsel penerima bantuan, acara itu turut dihadiri Ketua PGRI Provinsi Lampung beserta pengurus PGRI kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Penulis : Densi Hidayat

Komentar