Sampel Ayam Campang Jaya Positif Flu Burung, Masyarakat Diminta Waspada

Kotaku130 Dilihat
Sampel Ayam Campang Jaya Positif Flu Burung, Masyarakat Diminta Waspada

Bandar Lampung : Hasil uji laboratorium (lab.) terhadap sampel unggas/ayam yang mati secara tiba-tiba di Kelurahan Campang Jaya, Kecamatan Sukabumi, Bandarlampung, oleh Dinas Pertanian Kota Bandarlampung telah diketahui hasilnya.

Hasil uji lab. yang diketahui hari ini (13/2) menunjukkan bahwa sampel yang diperiksa positif terjangkit virus H5N1 atau flu burung.

Kepala Dinas Pertanian Bandarlampung Agustini menuturkan, dengan diketahuinya hasil lab. tersebut, Dinas setempat mengharapkan masyarakat waspada. Bagi yang memiliki unggas atau ayam peliharaan untuk selalu memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan.

“Sebelumnya juga sudah kita lakukan tes di lapangan juga positif, jelas ini harus diwaspadai masyarakat. Di lokasi pun sebelumnya ayam yang mati kita bakar dan kubur, kemudian ditambah penyemprotan disinfektan sekitar kandang warga radius 100 meter,” ujarnya Rabu (13/2).

Selain hal itu, Dinas Pertanian juga telah mengirimkan surat pemberitahuan ke seluruh camat untuk mengantisipasi lingkungan warganya. Yaitu dengan membersihkan kandang ayam peliharaan. “Ayam jangan diliarkan, dan bila memang perlu ada vaksinasi kami siap turun,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, terhadap para pedagang ayam di pasaran hal itu pun harus menjadi perhatian. Juga jangan sampai menjual ayam mati secara tiba-tiba yang ditakutkan sudah terinfeksi virus flu burung. “Bahkan pasar-pasar juga kami semprot, para pedagang ayam juga kami sosialisasikan. Kami tiap hari lakukan pemeriksaan,” ucapnya.

Putra

Komentar