Alpandi : Pegang Teguh Prinsip Jurnalisme Politik Secara Dewasa

Lampung Selatan146 Dilihat
Ketua PWI Lamsel Berharap Pers Memegang Prinsip Jurnalisme Politik Secara Dewasa

Lampung Selatan : Pers diharapkan mampu memegang prinsip jurnalisme politik secara dewasa untuk menjalankan perannya, hal ini dikatakan Alpandi Ketua PWI Lamsel yang juga sebagai Penasehat Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Lamsel saat menjadi Narasumber Sosialisasi pengawasan partisipatif Oleh Bawaslu Kabupaten Lamsel rabu(13/03/2019) di Negeri baru Resort (NBR) Kalianda.

“Dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Dalam arti, Pemilu Serentak 2019 oleh pers ditempatkan sebagai peristiwa politik yang harus didorong agar memiliki makna dalam mendidik masyarakat untuk berdemokrasi secara matang dan dewasa” Terangnya.

Imbuhnya, pers perlu mengetahui beberapa fungsinya. Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, disebutkan bahwa pers mempunyai beberapa fungsi.

“Menginformasikan (to inform), Mendidik (to educate),Menghibur (to entertain), dan Pengawasan Sosial (social control)” ujarnya.

Untuk itu menjelang tahun politik Pemilu serentak ini, independensi media radio, koran, TV, majalah, media online harusnya dapat dijaga dari pengaruh maupun bias-bias politik praktis.

“Karena media mempunyai pengaruh luas di masyarakat. Pers diharapkan menggunakan ranah publik (publik domain) dengan memperhatikan fungsi – fungsinya baik untuk memberikan informasi maupun untuk melakukan pengawasan sosial”Pungkasnya.

Dendi Hidayat

Komentar