‘Faceboker’ Catut Akun FB Plt Bupati Lamsel Beserta Istri

Lampung Selatan242 Dilihat
‘Faceboker’ Catut Akun FB Plt Bupati Lamsel Beserta Istri

Lampung Selatan: Beberapa hari ini, penipuan melalui media sosial dengan akun palsu tengah bermunculan. Kali ini, pelaku mencatut nama Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto serta Ketua Tim Penggerak PKK Winarni Nanang Ermanto.

Seperti akun media sosial Facebook yang mencantumkan nama Winarni Nanang Ermanto dan menggunakan foto profil Winarni sedang duduk bersama Kepala Dinas Pendidikan Thomas Amrico. Foto itu merupakan gambar saat Winarni menghadiri acara peringatan Hari Anak di Kecamatan Sidomulyo beberapa waktu lalu.

Sementara, dibagian foto sampulnya, Winarni tengah duduk bersama Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Burhanudin saat menghadiri acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna di Bali pada bulan Oktober 2018 lalu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung Selatan M. Sefri Masdian menegaskan, akun dengan nama Winarni Ermanto dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan aksi penipuan.

Untuk itu, Sefri mengimbau kepada netizen, khususnya masyarakat Lampung Selatan agar berhati-hati terhadap akun Facebook yang mengatasnamakan Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto.

“Kami konfirmasi selama ini ibu Winarni tidak memiliki akun di media sosial apapun. Kami menduga pembuatan akun-akun palsu tersebut dibuat untuk melakukan tindakan penipuan,” imbuh Sefri melalui broadcast pesan WhatsApp yang diterima

Tak hanya itu, nama Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto pun juga ikut dicatut orang tak bertanggungjawab yang digunakan dalam akun WhatsApp. Akun yang memakai gambar Plt Bupati Lampung Selatan mengenakan batik lengan panjang berwarna merah itu menggunakan nomor telepon WhatsApp 082282420914.

Dalam gambar screenshoot yang diterima, meperlihatkan percakapan antara akun yang mengatasnamakan Pak Nanang dengan salah satu pegawai di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak setempat.

Kedua kalinya, Sefri mengimbau masyarakat di Lampung Selatan, lebih-lebih pemilik media sosial supaya mewaspadai dan selalu berhati-hati terhadap akun-akun palsu yang bermunculan dalam satu hari terakhir ini.

“Itu bukan akun WhattsApp bapak (Nanang). Itu akun palsu yang sengaja dibuat untuk menipu,” tegas Sefri.

Dendi Hidayat

Komentar