DLH Kota Bandar Lampung Tambah 10 Unit Motor Pengangkut Sampah

Kotaku148 Dilihat
DLH Kota Bandar Lampung Tambah 10 Unit Motor Pengangkut Sampah

Bandar Lampung : Pekan depan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandarlampung mulai mengoperasikan 10 unit motor roda tiga untuk ikut membersihkan ruas jalan protokol di kota ini.

10 unit motor roda tiga tersebut diproyeksikan untuk menopang mobil dum truk milik DLH yang jumlahnya saat ini relatif masih belum memadai.

“Saat ini kita tengah mempersiapkan tekhnis lapangan dan operator motor roda tiganya, kita proyeksikan 10 motor tersebut akan turut membersihkan ruas jalan protokol,” ungkap Kepala DLH Kota Bandarlampung, Syahriwansyah di ruang kerjanya, Kamis (8/8/2019).

Dijelaskan dia, pertumbuhan sampah di Kota Bandarlampung yang cukup besar per harinya, dan hingga saat ini telah menembus angka 800 ton per hari.

Mengacu hal tersebut Syahriwansah mengaku terus mengoptimalkan tugas pengangkutan sampah di Bandarlampung. Telah ditetapkan jadwal angkut sampah mulai dari pukul 05:00-09:00 WIB dan gelombang ke-dua dari pukul 13:00-04:00 WIB, dengan personel siaga 400 orang.

“Kita imbau masyarakat untuk membuang sampah mengikut jadwal angkut sampah yang telah kita jadwalkan untuk menghindari penumpukan sampah,” tuturnya.

Selain mengoptimalkan kegiatan pengangkutan sampah, mantan Kabag Pemerintahan Kota Bandarlampung tersebut juga terus mengupayakan penambahan armada hingga batas ideal sesuai kondisi pertumbuhan sampah saat ini.

“Sampai saat ini armada sampah aktif kita sekitar 81 armada, dan masih kurang sekitar 20 armada dump truk. Rencananya tahun 2020 akan kembali kita usulkan di APBD,” jelasnya.

Mengapa harus dilakukan penambahan armada sampah kembali di tahun 2020. Karena selama dua tahun belakangan DLH ternyata terpaksa menghapus aset armada sampah hingga 23 unit.

“Tepatnya, tahun 2018 11 unit dan 2019 12 unit, karena memang armada tersebut sudah tidak bisa dioperasikan rusak berat,” pungkasnya.

Rls/Putra

Komentar