Ini Kronologis Penyelamatan Empat Mahasiswa Itera di Gunung Seminung

Institusi, Saburai269 Dilihat

Lampung Barat (Metropolis.co.id) : Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 4 mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang tersesat di Kawasan Gunung Seminung. Sukou, Lampung Barat pada pukul 20.10 WIB, Minggu (20/10/2019).

Basarnas Lampung menerima info dari salah satu orang tua rekan korban, Ibu Kartika, bahwa terdapat 4 orang rekan anaknya yang merupakan mahasiswa ITERA tersesat ketika melakukan pendakian di Kawasan Gunung Seminung.

Mendapatkan kabar itu, Basarnas Lampung mengirimkan 1 tim rescuer berjumlah 9 personil, dengan membawa peralatan untuk penyelamatan di gunung menuju lokasi kejadian di koordinat 04° 55’ 34.8” S – 103° 58’ 29.4” E.

“Salah satu korban berhasil menghubungi rekan kampusnya untuk meminta pertolongan. Salah satu korban tersebut bernama Septian (20th) dan beliau menshare lokasi terakhir mereka tersesat,” ujar Humas Basarnas Lampung, Deni, Senin (21/10/2019).

Mendapatkan kabar itu,Kronologis kejadian tersebut adalah sbb :
Pd tgl 20 Okt 2019 sekitar pukul 15.15 WIB 4 (Empat) orang mahasiswa ITERA melakukan pendakian Gunung Seminung, Jaga Raga, Kec. Sukou, Kab. Lampung Barat, Lampung. Dan tersesat di kawasan hutan dan kehabisan logistic serta salah satu pendaki mengalami kelelahan.

Selain mengirimkan Tim. Basarnas Lampung juga berkoordinasi dengan BPBD Lampung Barat terkait kejadian tersebut unruk selanjutnya melakukan upaya evakuasi.

Berikut kronologis penyelamatan empat mahasiswa Itera Tanggal 21 Oktober 2019 Pkl 00.20 WIB.

Setelah terima info dari  Ari (Anggota BPBD Kab. Lambar bahwa Tim SAR Gabungan berhasil menemukan seluruh korban dalam keadaan selamat di koordinat 4°55’22.6″S – 103°59’ 23.5″E, tersesat sekitar 5 km dari jalur pendakian dan direncanakan.

Korban akan dievakuasi turun setelah kondisi korban stabil. Korban mengalami kelelahan dan dehidrasi karena kehabisan logistik

• Pkl 02.10 WIB Tim Rescue Basarnas Lampung tiba di Lokasi dan langsung berkoordinasi dengan unsur yang tiba lebih dulu di lokasi untuk rencana evakuasi korban.

• Pkl 04. 20 WIB Korban berhasil dievakuasi ke Desa Lombok dan selanjutnya dibawa ke RSUD Liwa untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

• Pkl 05.10 WIB Tim tiba di RSUD Liwa dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh pihak RSUD Liwa.

• Pkl 05.27 WIB Seluruh korban dalam keadaan sehat dan selanjutnya akan kembali menuju Bandar Lampung bersama Tim Rescue Basarnas Lampung untuk diserahkan ke pihak keluarga korban.

Data Korban adalah sbb :

1. Amin JokoTriyono ( Lakis / 21 Thn) – Warga Lampung Tengah
2. Agus Manurung (Lakis / 21 Thn) – Warga Bandar Lampung
3. Septian Hidayat (Lakis / 22 Thn) – Warga Bandar Lampung
4. Sapta Firnando (Lakis / 21 Thn) – Warga Bandar Lampung
Seluruh korban Mahasiswa ITERA

Tim SAR gabungan yang ikut dalam operasi sar tersebut terdiri dari Basarnas Lampung, Polres Lampung Barat, BPBD Lampung Barat, Satgas Tagana Lambar, Gapela (Gabungan Pencinta Alam) Lambar dan masyarakat setempat.

Basarnas/Putra

Komentar