Kebun Cengkeh Milik Hasbuna dan Makmun Kebarakaran

Kebun Cengkeh Milik Hasbuna dan Makmun Kebarakaran

Lampung Selatan : Masyarakat Desa Canggung Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) bahu membahu padamkan api yang membakar sebuah lahan didesa setempat.

Kebakaran lahan diperkirakan terjadi sekira pukul 11.00 WIB. Sijago merah berhasil dipadamkan dengan alat seadanya yang digunakan warga.

Lahan yang terkabar itu merupakan milik Hasbuna dan Makmun dengan isi kebun bervariasi diantaranya ada cengkeh, coklat (coklat_red), pisang, panili dan lainnya.

Menurut saksi mata, Abdurrahman mengatakan, dirinya hendak kekebun miliknya, namun dalam perjalanan dirinya melihat salah satu kebun warga kebakaran.

“Melihat itu, dirinya langsung lari menuju kekampung dan menghubungi warga Desa Canggung, kemudian diumumkan melalui toa masjid desa setempat,” ujar Rahman

Dia menceritakan, sebelum menghubungi warga, dirinya mencoba memadamkan api, akan tetapi karena kobaran api begitu cepat sehingga dirinya berinisiatif menghubungi warga lainnya.

“Saya coba padamkan, tapi tidak mampu dan akhirnya saya lari kekampung untuk memanggil warga,” jelasnya.

Kemudian lanjut dia, berkat kerja keras warga alhamdulillah, sekira pukul 13.30 WIB api berhasil dipadamkan oleh warga dengan alat pemadam seadanya.

“Sekitar pukul 13.30 WIB berhasil memadamkan api, diperkirakan 1 hektare lebih yang dilalap api. Kobaran api belum diketahui penyebabnya, kemungkinan berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh seseorang oknum yang tidak diketahui,” pungkasnya.

Dendi Hidayat

Komentar