Hari Ibu, Ini Pesan Bupati Serdang Bedagai Sumatera Utara

Hari Ibu, Ini Pesan Bupati Pemkab Serdang Bedagai Sumut

Serdang Bedagai, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) memperingati Hari Ibu 2019 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Perkantoran Bupati Sei Rampah, selasa (17/12/2019).

Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai H M Faisal Hasrimy dalam sambutanya mengatakan, masa kini perempuan telah memiliki kesadaran akan hak dan kewajiban yang sama dengan kaum laki-laki. Prinsip kesetaraan ini memperkuat kebersamaan dalam membangun serta berpartisipasi, maupun kontribusi dari kaum perempuan sebagai mitra pemerintah dalam aspek pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini membuktikan apabila kaum perempuan diberikan peluang kesempatan kesetaraan, kaum perempuan mampu meningkatkan kualitas hidupnya untuk mengembangkan potensi hidupnya secara mandiri.

Namun demikian seiring perjuangan kaum perempuan untuk menunjukkan eksistensinya tidak dapat dipungkiri, bahwa kondisi perempuan dan juga anak hingga sampai saat ini masih merupakan kelompok masyarakat yang rentan dari berbagai kekerasan eksploitasi dan perlakuan diskrimininatif lainnya.

“Mari semua pemangku kepentingan dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai agar terus berkomitmen dan memberikan pengakuan eksistensi bagi perempuan di berbagai sektor kehidupan serta membawa pengaruh positif bagi perempuan, sebab perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan,” ujarnya berpesan.

Bupati Serdang Bedagai juga memberikan apresiasi, penghargaan setinggi-tingginya terhadap organisasi/lembaga perempuan yang selama ini telah senantiasa bermitra bersama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai untuk memberikan dedikasi, kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“ Kiprah perjuangan organisasi perempuan di kabupaten ini yang sudah dilakukan agar kedepannya semakin dapat meningkatkan kinerjanya sehingga tidak ada lagi kekerasan, eksploitasi serta perlakuan diskriminatif terhadap perempuan dan anak,” katanya.

Penasehat dan Ketua TP. PKK Kabupaten Serdang Bedagai Ny. Hj. Marliah Soekirman dalam sambutanya menyebutkan peringatan Hari Ibu memiliki makna bahwa peranan kaum perempuan atau kaum Ibu sangat penting dalam kehidupan dimulai dari keluarga atau rumah tangga.

Artinya perempuan memiliki peranan ganda, selain ketika menjalani pekerjaannya juga berperan sebagai istri (ibu) dimana kaum Ibu tidak pernah berhenti bekerja, sebelum aktivitas suami sebagai kepala rumah tangga telah menyelesaikan aktivitasnya.

“Hal ini tentu menjadi perenungan bahwa peranan eksistensi perempuan sepatutnya mendapat dukungan, kepedulian dari kaum lelaki agar dapat bersama-sama untuk membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa,” kata Hj. Marliah Soekirman.

Semarak peringatan Hari Ibu ke-91 ini diisi dengan pembacaan perjalanan sejarah Hari Ibu oleh Ketua Darmayukti Karini Ny. Nafisa Ferdian Darmadi, adanya kemeriahan hiburan berupa tari-tarian daerah yang dibawakan oleh Ibu-ibu DWP Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, kemudian penyerahan bunga secara simbolis, pemotongan nasi tumpeng dan paduan suara DWP Dinas Pendidikan Serdang Bedagai.

Hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Serdang Bedagai Siswanto, Ketua GOPTKI Serdang Bedagai Ny. Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Serdang Bedagai Ny Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Perwakilan Forkompinda, para Pimpinan OPD Serdang Bedagai, Camat, serta Ibu-ibu yang tergabung dalam DWP Kabupaten Serdang Bedagai.

J Irwansyah Silitonga

Komentar