Basarnas Lampung Siaga Untuk Pengamanan Nataru

Basarnas Lampung Siaga Untuk Pengamanan Nataru

Bandar Lampung (Metropolis.co.id) – Basarnas Lampung gelar Apel Siaga SAR Khusus dalam menghadapi libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di halaman kantor Basarnas Lampung, rabu (18/12/2019).

Sebagai pembina apel Kepala kantor basarnas Lampung Jumaril mengatakan, ini sebagai tanda dimulainya siaga SAR khusus dalam menghadapi libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang digelar mulai tanggal 18 Desember 2019 dan berakhir pada tanggal 8 Januari 2020.

“Apel siaga SAR khusus ini berdasarkan arahan dr Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito,” ujarnya saat Apel siaga.

Selain itu siaga SAR khusus ini juga bertujuan untuk terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman, dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan Natal dan Tahun Baru, serta pemantauan kawasan wisata strategis secara profesional, sinergi dan militan.

“Dalam siaga SAR Khusus Nataru tahun ini Basarnas Lampung menempatkan beberapa tim di titik-titik jalur kepadatan arus penumpang yaitu 1 tim di Pelabuhan Bakauheni, 1 tim di Pelabuhan Kota Agung dan 2 tim di ruas jalan tol Trans Sumatra,” jelasnya.

Dilanjurkanya, untuk di ruas tol, tim dilengkapi dengan peralatan penyelamatan pada kecelakaan kendaraan (Vehicle Accident Rescue) dan di Pelabuhan Bakauheni di siagakan alut Basarnas Lampung yaitu RIB 02.

“Sementara KN SAR Basudewa Lampung dan KN SAR Drupada Banten akan diperkuat KN SAR Karna Jakarta utk melakukan pemantauan khusus di alur penyeberangan merak-bakauheni, disamping itu kantor pusat Basarnas juga memberikan perkuatan dgn mensiagakan satu unit helly copter HR-3605 di pelabuhan bakauheni dan merak dgn daerah pantauan hingga ke ruas toll trans sumatera,” terangnya.

Beberapa daerah wisata di Lampung juga menjadi pusat perhatian bagi para wisatawan menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Basarnas Lampung menempatkan 1 tim rescue di Pantai Ketang Kalianda untuk mengcover wilayah2 pariwisata di daerah sepanjang pantai Lampung Selatan.

“Selain itu 1 tim rescue juga ditempatkan di Dermaga Ketapang untuk mengcover wilayah pariwisata di sepanjang wilayah Pesawaran yang biasanya akan dipadati oleh para pengunjung saat liburan nanti,” lanjut bapak Jumaril.

Dalam pesannya kepada para anggota Basarnas Lampung agar selalu memperhatikan faktor keselamatan (safety) dalam menjalankan tugasnya. Selalu semangat dan ingatlah bahwa tugas kita ini adalah tugas yang syarat dengan nilai-nilai kemanusiaan.

“Yakinlah bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa akan mencatatnya sebagai amal ibadah, serta selalu memberikan perlindungan dan kebahagiaan bagi kita dan keluarga, demikian Jumaril saat menyampaikan amanah Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito.

Humas Basarnas

Komentar