oleh

Keyakinan Pancasila Dalam Bangsa Indonesia

Moch Nur Cholis Majid

Oleh : Moch Nur Cholis Majid

Pancasila adalah rumusan atau gagasan yang dibuat untuk memajukan bangsa Indonesia, yang didalamnya terdapat bahasa Sansekerta yang terdiri dari panca atau lima sila, artinya asas ataupun prinsip jadi pancasila adalah 5 asas prinsip yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang harus dipatuhi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tetapi di zaman serba digital ini banyak pemuda pemudi ataupun orang-orang yang melupakan semua yang terkandung dalam Pancasila, keyakinan Pancasila dalam mengembangkan bangsa Indonesia harus ditanamkan kepada generasi generasi muda sejak dini, karena kebanyakan dari generasi muda sekarang untuk melupakan tentang ideologi ideologi Pancasila yang harusnya diterapkan di dalam keseharian.

Asas-asas yang terdapat di dalam Pancasila jadi penanaman keyakinan Pancasila itu sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia dan harus di praktekkan di dalam kehidupan di Indonesia. Pancasila juga merupakan patokan untuk membuat bangsa Indonesia lebih baik, didalam Pancasila terdapat makna-makna yang penting, yang harus diterapkan di dalam keseharian rakyat Indonesia dan jika Pancasila diterapkan maka seluruh rakyat indonesia akan sejahtera dan makmur.

Dalam bersosialisasi antara suku satu dengan suku yang lain, antara budaya 1 dan budaya yang lain bila ada penerapan Pancasila akan mencerminkan kepribadian bangsa, sebagai bangsa Indonesia harus mengetahui bahwasannya makna-makna yang terdapat di dalam Pancasila itu sangat berpengaruh bagi pencerminan kebudayaan Indonesia.

Pendidikan Pancasila sebagai ideologi bangsa telah dikalahkan oleh berbagai teknologi yang ada di zaman sekarang sehingga dengan mudahnya dilupakan oleh seluruh generasi milenial, sebagai mahasiswa kita harus menjunjung tinggi tentang nilai Pancasila dan memberi arahan kepada semua dua yang tidak dapat menerapkan ideologi-ideologi Pancasila.

Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi aktivitas ilmiah di Indonesia merupakan sesuatu yang terlepas dari nilai ideologi bangsa,Pancasila tidak hanya sebagai ideologi atau pun penerapan yang harus diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga menjadi sumber norma hukum di dalam kehidupan bangsa Indonesia.

Pancasila juga digunakan sebagai etika di dalam berpolitik seperti tentang nilai, norma, moral dalam nilai-nilai Pancasila terdapat ciri-ciri yang penting untuk berpolitik dan salah satunya adalah internalized value yaitu nilai-nilai yang telah menjadi kepribadian bawah sadar atau yang mendorong timbulnya tindakan tanpa berpikir lagi bila dilanggar akan menimbulkan perasaan malu atau bersalah yang mendalam serta sukar dilupakan.

Penulis : Moch Nur Cholis Majid Merupakan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Malang 

Komentar

News Feed