Tahun 2020, Pemdes Tuliskriyo Fokuskan 3 Program

Blitar, Nasional192 Dilihat
Kepala Desa Tuliskriyo, Mashuriono

Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar telah mengagendakan program-program pada tahun 2020, diantaranya yang menjadi poin penting kegiatan pada tahun ini yakni pembangunan, penataan pemukiman dan pemberdayaan.

Kepala Desa Tuliskriyo, Mashuriono mengungkapkan, ada beberapa titik pembangunan yang akan dikerjakan pada tahun ini, tentunya tidak lepas dari RKP kegiatan tahun 2019 dan posisi RAPBDes saat ini masih dievaluasi oleh pihak kecamatan.

“Untuk pembangunanya terdapat beberap kegiatan, salahsatunya yakni pembangunan perbaikan jalan aspal yang ada di RW. 1, 2, 3 dan 4,” kata Mashuriono saat ditemui awak media, Jumat (24/01/2020).

Dikatakannya, terkait penataan pemukiman, pihaknya akan menerapkan konsep Green and Clean seperti penerangan jalan, pengelolaan sampah dan pengadaan tabulapot disepanjang jalan yang ada di Desa Tuliskriyo.

Untuk pemberdayaan, Lanjut Mashuriono, pihaknya akan membangun yang berkaitan dengan bank sampah.

“Kami akan menyediakan tong-tong sampah dimasing-masing rumah, setidak-tidak di pinggir jalan,” jelasnya.

Mashuriono juga menambahkan, kami juga akan melakukan sekaligus melibatkan Posbindu yaitu yang berkaitan dengan pembangunan dan perbaikan pot bunga.

“Kami akan mengerjakan pot-pot bunga untuk kawasan pemukiman yang akan tersebar dari RW 1 samai dengan 5, juga akan melibatkan semua stakeholder baik dari karang taruna, posbindu, tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam pelaksanaan kegiatan ini,” tuturnya.

Mashuriono juga menyampaikan, untuk tahun 2020, kami bersama BPD dan lembaga lainnya akan meningkatkan PAD salahsatunya yakni dengan melakukan penyewaan tanah kas desa secara terbuka atau lelang terbatas untuk masyarakat Desa Tuliskriyo.

“Untuk regulasinya, nanti akan kami masukkan dalam sebuah sistem , yang akan kita masukkan ke dalam PAD kita,” pungkasnya.

Eko S

Komentar