Indahnya Spot Wisata Hiking di Puncak Bukit Harapan Waykanan

Nuansa, Way Kanan199 Dilihat
Puncak Bukit Harapan Waykanan

Way Kanan, (Metropolis.co.id) – Area perbukitan hutan tropis Bukit Harapan menarik bagi sejumlah pecinta alam yang hobi berpetualang. Pekikan Siamang dan suara hewan hutan yang bersahutan, sejuknya udara perbukitan, akan mendampingi perjalanan mereka. Inilah wajah baru Wisata Way Tuba, Way Kanan Lampung  yang tengah naik daun.

Di ujung perjalanan, para pendaki tentu berharap dapat memandang awan dari Puncak Way Tenuk , puncak bukit yang berada pada ketinggian 812 meter dari permukaan laut itu. “Warga sering menyebutnya samudera Tenuk ,” kata Pepen Koordinator komunitas Pemuda sadar wisata Kecamatan Way Tuba Senin (27/01/2020) Pagi.

Hutan Bukit Way Tenuk berada di Kampung Way Tuba , Kecamatan Way Tuba , Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung menetapkannya sebagai kawasan destinasi wisata baru dan dirancang bagi wisawatan minat khusus. Yakni, mereka yang siap melintasi jalan menanjak, menerabas semak belukar, dan perkebunan karet.

Butuh tenaga prima untuk mencapai puncak bukit. Lintasan yang dilalui terus menanjak. Waktu tempuhnya lebih kurang dua jam perjalanan. Pendakian disarankan dimulai pada sore hari, menginap, dan lalu menikmati hamparan awan keesokan harinya. Karena, “Fenomena samudera awan hanya terjadi pada pagi hari,” kata Pepen.

Tak perlu khawatir kemalaman di perjalanan. Pada pertengahan bukit terdapat area yang cukup datar, tempat yang bisa dipakai berkemah.

Pendaki bisa melanjutkan perjalanan menjelang matahari terbit, perjalanan. Kali ini perjalanan cukup menantang, karena menempuh medan dengan kemiringan 85 derajat. Bahkan di rute ini dibutuhkan bantuan seutas tali. Ini memang tantangan terberat untuk mencapai puncak.

Dan itu sebanding. Begitu tiba dipuncak tertinggi, terhidanglah panorama menakjubkan itu. Serakan awan bagai kipas halus tersuguhkan sejauh mata memandang. Menikmati ini, kelelahan akibat perjalanan terbayar sudah.

Puncak Bukit Harapan Waykanan

Wisata alam puncak Way Tenuk mulai diperkenalkan sejak 2018. Pemuda setempat bersama aparatur desa mengeksplorasi kawasan perbukitan. Mereka berupaya menggarap potensi wisata, dan membentuk komunitas sadar wisata.

RG

Komentar