TIM SAR Bakauheni Evakuasi Perahu Rawe di Perairan P. Sangiang

TIM SAR Bakauheni Evakuasi Perahu Rawe di Perairan P. Sangiang

Bakauheni, (Metropolis.co.id) –  Pos SAR Bakauheni melakukan evakuasi Perahu Rawe yang mengalami mati mesin ketika melaut pada hari Kamis (20/02/2020).

Bidang Humas Basarnas Lampung, Deni mengatakan, kronologis awal pihaknya menerima info dari pemilik perahu rawe Bp. Acong bahwa salah satu perahu rawenya yang sedang melaut mengalami mati mesin.

“ABK Perahu Rawe berjumlah 3 orang berangkat dari Dermaga Muara Piluk pada Rabu (19/02/2020) malam hari pukul 23.00 WIB. Lalu pada Kamis (20/02) sekitar pukul 06.10 WIB perahu tsb mengalami mati mesin dan sempat terombang ambing,” katanya, Kamis (20/02/2020).

Selanjutnya kru perahu melaporkan kejadian tersebut kepada pemilik perahu yang berada di darat yaitu Bp. Acong. Kemudian Bp. Acong melaporkan kejadian ke Basarnas Lampung melalui Pos SAR Bakauheni.

“Menindaklanjuti laporan tersebut. Basarnas Lampung melalui Pos SAR Bakauheni mengirimkan 6 personil untuk melaksanakan evakuasi. Alut yang digunakan adalah RIB 02 untuk menuju lokasi kejadian pada koordinat 5° 55.925′ S – 105° 50.332′ E, sekitar perairan P. Sangiang,” lanjutnya.

Kemudian Tim Basarmnas tiba perairan P. Sangiang pada Pukul 10.46 WIB kemudian melakukan evakuasi dan menemukan perahu rawe  yang sedang terombang ambing.

“Tim langsung melaksanakan evakuasi terhadap 3 kru perahu rawe dan melaksanakan penarikan perahu rawe menuju dermaga Muara Piluk Bakauheni. Pukul 11.05 WIB tim tiba di Dermaga Muara Piluk dan menyerahkan kru perahu rawe ke pihak pemilik perahu dalam keadaan selamat,” demikian Deni.

Diketahuii, adapun data kru perahu rawe yang dievakuasi adalah Olip (sebagai nahkoda), Maryani dan Jaenuri sebagai ABK. Unsur- unsur yang terlibat dalam proses evakuasi perahu adalah Basarnas Lampung, Polair Polres Lamsel dan nelayan setempat.

Red

Komentar