Didampingi BPOM, Winarti Edukasi Pelaku UKM Jamu Gendong

Didampingi BPOM, Winarti Edukasi Pelaku UKM Jamu Gendong

Tulang Bawang, (Metropolis.co.id) – Badan POM Kabupaten Tulang Bawang mengikuti kegiatan Kunjungan Kerja Bupati Tulang Bawang di Kecamatan Banjar Agung, Tulang Bawang yang diselenggarakan di Balai Kampung Banjar Agung. Jumat, (6/03/2020).

Pada kegiatan tersebut petugas Kantor Badan POM di Kabupaten Tulang Bawang melakukan edukasi terkait penggunaan bahan baku dan bahan tambahan yang aman digunakan dalam jamu kepada para pengusaha jamu gendong yang mengikuti pameran UKM BMW Tulang Bawang.

Dilakukan juga pengujian cepat menggunakan rapid test kit terhadap sampel jamu yang dihidangkan, dari 9 sampel yang diuji disimpulkan seluruhnya tidak mengandung bahan berbahaya serta tidak mengandung pemanis buatan siklamat.

Ciri ciri minuman yg ditambahkan pemanis buatan siklamat, apalagi dalam jumlah besar yg melebihi batas aturan, akan ada rasa pahit setelah diminum (bitter after taste).

Selain pengujian terhadap sampel jamu, petugas Kantor Badan POM di Kabupaten Tulang Bawang juga melakukan sampling pangan yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar area kegiatan, dari seluruh sampel yang diuji, disimpulkan tidak mengandung bahan berbahaya Rhodamin B, Formalin, Boraks dan Methanil Yellow.

Dalam kegiatan ini jg dilakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat dengan membuka pameran produk ilegal dan mengandung bahan berbahaya serta membuka konsultasi terkait Obat dan Makanan aman.

Kami menghimbau kepada masyarakat untuk lebih cermat memilih produk Obat dan Makanan dengan selalu CEKLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dab Cek Kedaluwarsa).

Kominfo Tuba

Komentar