Lampung Waspada, Kemenag : Tarawih Dirumah, MUI : Jangan Mudik

Nasional, Saburai103 Dilihat
Ketua MUI Provinsi Lampung, KH. Khairuddin Tahmid

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Usai menggelar pertemuan dengan beberapa bahasan bersama pemerintah daerah Provinsi Lampung, Ketua MUI Provinsi Lampung, KH. Khairuddin Tahmid mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik pada saat Idul Fitri.

Hal itu dikatakanya saat rapat bersama Wakil Gubernur Lampung dan para tokoh agama dalam menyikapi wabah Covid-19 di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (15/04/2020).

“Ini dalam rangka memutus mata rantai penyebaran corona,” ujar Khairuddin.

Khairuddin mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan elemen masyarakat seperti ormas Islam yang telah membentuk satgas pencegahan Covid-19.

“Bahkan mereka juga menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian disebarkan untuk didistribusikan kepada orang-orang yang terdampak Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Wasril Purnawan mengatakan dalam rangka memasuki Bulan Suci Ramadhan, para jamaah dianjurkan untuk melakukan proses ibadah dirumah.

“Prosesi selama bulan ramadhan yang seluruhnya diarahkan kepada pelaksanaan dirumah, kecuali pelaksanaan ibadah Idul Fitri menunggu fatwa dari MUI,” ujar Wasril.

Selanjutnya, Wasril menyebutkan terkait pengumpulan sekaligus pendistribusian zakat, akan dilakukan melalui metode dengan tidak mengumpulkan banyak orang.

“Saat pembagian zakat fitra diupayakan untuk tidak melalui kegiatan yang mengumpulkan orang, lebih pada bagaimana lembaga-lembaga zakat ini menyalurkannya langsung kepada mustahik,” katanya.

Red

Komentar