oleh

UNAR Calon Anggota ORARI Resmi Dibuka Walikota Blitar

UNAR Calon Anggota ORARI Resmi Dibuka Walikota Blitar

Kota Blitar, (Metropolis.co.id) – Ujian Negara Amatir Radio (Unar) bagi calon anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) secara resmi dibuka oleh Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd di ruang Integrated System Center Diskominfotik Kota Blitar, Selasa (21/07/2020).

Unar yang mengusung tema ‘Dengan Protokol Kesehatan pada era New Normal, kita laksanakan UNAR yang aman dan bersama kita lawan Covid-19’ itu diselenggarakan oleh Balai Monitor (Balmon) Kelas I Surabaya dan diikuti 32 peserta yang dibagi menjadi dua tingkatan yakni siaga dan penegak.

Walikota Santoso mengatakan, dengan diselenggarakan Unar tersebut, diharapkan dapat memberikan peluang kepada para peserta unar untuk bisa lebih mematuhi ketentuan – ketentuan tentang frekuensi di udara.

“Yang semula dia tidak berpikir, di udara dianggap tidak apa-apa, tetapi begitu masuk pada frekuensi tertentu disana ada arus lalu lintas yang harus dipatuhi, sehingga tidak mengganggu sesama pengguna frekuensi,” kata Santoso ditemui awak media usai membuka unar.

Santoso menambahkan, ketika mereka sudah memasuki penggunaan frekuensi tertentu, maka nantinya diharapkan mampu untuk berkomunikasi tidak hanya lokal mapun nasional, tapi sampai internasional.

Selain itu, peserta juga harus tahu bagaimana menjalin komunikasi dengan sesama pengguna ORARI, tetapi tetap mengikuti aturan-aturan jenjang-jenjang yang harus mereka miliki.

“Sehingga akhirnya peserta mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka penggunaan radio amatir yang baik dan benar,” imbuhnya.

Santoso menjelaskan, selama ini peran dari radio amatir terhadap pemerintah daerah juga sudah bagus, hal itu terbukti setiap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Blitar, ORARI selalu hadir disana untuk membantu menginformasikan kepada masyarakat beberapa kegiatan yang dilakukan.
.
“Yang lebih menonjol, yakni mereka selalu hadir setiap ada kejadian musibah bencana dan disitu ORARI juga ikut berperan yang menjadi baris terdepan memberikan komando dan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Walikota Santoso juga tidak lupa menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya atas terselenggaranya Unar yang diselenggarakan Balai Monitor (Balmon) Kelas I Surabaya tersebut.

“Mudah-mudahan acara unar ini betul-betul sangat bermanfaat bagi para peserta ujian khususnya dan bagi masyarakat kota Blitar pada umumnya,” pungkasnya.

Hms/Adv

Komentar

News Feed