Hari Ini Ops Patuh Krakatau Dimulai

Institusi416 Dilihat
Hari Ini Ops Patuh Krakatau Dimulai

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Hari ini Kepolisian daerah Lampung melalui Direktorat Lalu lintas serentak menggelar operasi Patuh Krakatau dari 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 untuk meningkatkan kepatuhan pengendara kendaraan bermotor.

“Kegiatan dengan sandi Operasi Patuh Krakatau 2020 dijadwalkan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020,” kata Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, operasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepatuhan para pengguna jalan dan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi ini guna memutus mata rantai COVID-19.

Pemeriksaan kelengkapan kendaraan, kepatuhan pengendara serta surat-surat kendaraan menjadi target utam,a razia ini, kemudian sebagai kampanye dan penerapan tegas New Normal polisi juga akan memberikan edukasi agar pengendara menerapkan protokol kesehatan dalam berkendara.

 

Selain himbauan menjaga jarak, cuci tangan, memakai masker dan social distancingpolisi juga akan memperingatkan dengan tegas soal daya muat kendaraan yang seharusnya tidak lebih dari 50 persen daya tampung penumpangnya.

“Dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini, tindakan yang akan dilakukan dalam Operasi Patuh Krakatau 2020 yaitu bersifat preemtif (edukasi)  40 persen, preventif 40 persen dan represif atau penindakan hukum 20 persen dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Donny.

Dirlantas Polda Lampung itu berharap  melalui operasi patuh ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan ketertiban berlalu lintas pengguna jalan di Provinsi Lampung.

Red/Ant

Komentar