Walikota Blitar Buka Rembug Perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah 2021-2026

Blitar, Nasional88 Dilihat
Walikota Blitar Buka Rembug PAKPD 2021-2026

Kota Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kota Blitar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Blitar, menggelar acara Rembug Perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah (PAKPD) 2021-2026, Rabu (17/03/2021).

Acara yang diselenggarakan di salah satu rumah makan di Kota Blitar ini, dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd. Selain itu, turut hadir dalam acara tersebut, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Blitar, narasumber dan para Camat.

Acara Rembug Perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah 2021-2026 ini, menghadirkan Muchamad Taufik selaku narasumber dari Widyaiswara bagian diklat BPSDM Provinsi Jawa Timur.

Menurut Santoso, masukan-masukan dan pengalaman narasumber dalam rangka menyempurnakan konsep RPJMD ini sangat diharapkan. Nantinya Bappeda diharapkan bisa menyempurnakan konsep – konsep dari narasumber tersebut.

“Sehingga pada saatnya nanti, diharapkan Musrenbang konsep tersebut sudah dalam tahap sempurna,” kata Santoso usai kegiatan.

Santoso juga menjelaskan, untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ini pada tataran bagaimana seluruh OPD mampu menterjemahkan visi dan misi kedalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan skala prioritasnya kembali pada masing – masing OPD.

“Di samping itu, hal tersebut sejalan dengan konsep dari pemerintah pusat, yakni bagaimana untuk pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19,” jelasnya.

Lebih lanjut, Santoso mengungkapkan, untuk visi-misi, salah satunya yakni mewujudkan program Rp. 50-100 juta tiap RT/ RW dan pemasangan jaringan wifi di masing-masing tingkat RT/RW di wilayah kota Blitar.

“Itu yang menjadi skala prioritas kita, sehingga diharapkan bisa membantu kepada seluruh masyarakat kota Blitar,” ungkapnya.

Di lain pihak, Muchamad Taufik sebagai narasumber pada acara tersebut, mengatakan, arah Kebijakan Pembangunan Daerah selama lima tahun kedepan memakai landasan filosofis untuk mewujudkan prioritas pembangunan di setiap tahunnya. Menurutnya, filosofi “Blitar Keren” itu akan menjiwai seluruh program prioritas pemerintah di setiap tahunnya.

“Sedangkan untuk operasionalnya adalah mewujudkan kemakmuran, keunggulan dan menjadikan Kota Blitar yang bermartabat,” ujarnya.

Hms/Adv

Komentar